jump to navigation

Tips Nekat Agar Spakbor Depan Tidak Mentok Ketika Ganti Ban Lebar Juli 30, 2015

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

tips coak spakbor depan  (2)

Seperti kita ketahui, rata-rata motor matic Yamaha memang menggunakan ban yang lumayan mungil. Termasuk motor Yamah Xeon Karbu yang saya miliki. Dengan ban depan 70/90-14 dan ban belakang 90/80-14, handling motor terasa kurang mantap ketika melewati jalan yang bergelombang.

Maka dari itu, saya berinisiatif mengganti dengan ban yang lebih besar. Saya pun membeli velg chemco sepasang. Dengan ukuran depan 2.15″ dan belakang 2.5″.ย Ukuran standar ban velg xeon adalah depa 1,8″ dan belakang 2,15. Otomatis ban yang di pakai juga lebih besar. Depan saya pakai 90/80-14 sedangkan belakang 100/80-14.

Masalah yang muncul ketika pertama kali dipakai adalah : Ban depan mentok spakbor, bahkan ketika melewati jalan yang sedikit bergelombang. Srek .. srek .. srek . . suara seperti terdengar semakin jelas ketika kecepatan motor ditambah

tips coak spakbor depan  (1)

gesekan spakbor depan dengan ban

Awalnya sih saya biarkan saja. Karena saya pikir nanti akan habis sendiri. Namun, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Bahkan setelah berbulan-bulan dipakai pun masih tetep bunyi.

Saya coba cari alternatif lain dengan mencari spakbor yang kira-kira bisa dikombinasikan. Tapi ternyata susah. Membuat bracket tambahan pun gak ketemu posisi yang pas. Alih-alih bagus takutnya malah lepas di tengah jalan ๐Ÿ˜€ .

Yoes akhirnya dengan cara yang ektreme. Yaitu potong spakbor. Yang perlu diperhatikan ketika memotong spakbor adalah potong beberapa mili di atas bekas gesekan ban. Karena kalau terlalu mepet dan masih bergesekan, bunyi yang dihasilkan malah akan semakin keras. So jangan tanggung-tanggung potongnya.

tips coak spakbor depan  (3)

Yup beginilah hasil akhirnya. Sekarang dijamin aman.

Semoga bermanfaat. Salam bloger ngapaks ๐Ÿ˜€

Comments»

1. macantua.com - 30/07/2015

Hilang deh “spakbornya” hahahha

Polisi Pun Terkadang Tak Tahu Hukum – http://wp.me/p2XD22-2zK

2. Nichoz Ahmad - 31/07/2015

Yg pnting gak mentok lgi ๐Ÿ˜€

3. krizredvix - 31/07/2015

sama kaya xeong ane , kena mutilasi juga