jump to navigation

Pasang Headlam LED, Aki kok malah tekor ??? Maret 22, 2015

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

led 3 sisi

Hai bro sis, sudah sebulan lebih nih saya gak nulis artikel. Selama sebulan itu pun saya jarang banget buka blog ini. Paling hanya sekali dua kali saja, itupun hanya untuk melihat jumlah pengunjung. Dan alhamdulillah, walaupun gak pernah update artikel sama sekali, ternyata masih ada saja yang sudi mampir ke blog pinggiran ini. Thanks ya bro 😀 .

Oke langsung saja, kali ini saya akan berbagi pengalama saya. Kalau mas bro mengikuti blog ini, pasti tau artikel yang satu ini.http://nichozblog.com/2014/12/10/hasil-pengujian-led-3-sisi-vs-bohlam-terang-mana/ . Yup, saya telah mengganti headlamp Yamaha Xeon saya dengan LED. Setelah di ganti led, yang terjadi adalah muncul tanda-tanda aki akan tekor. Pada awalnya sih hanya agak berat mengangkat stater. Tapi lama kelamaan semakin berat, dan akhirnya tidak bisa sama sekali mengangkat stater.

Led yang saya gunakan berdaya 2×12 Watt. Jauh lebih kecil dari daya asli bohlam bawaan yang berdaya 2×25 watt. Hanya setengahnya. Tentu ini tidak masuk akal kalau penyebab utama aki tekor adalah LED. Saya coba cari lagi kemungkinan lain penyebab aki tekor. Namun sepertinya tidak ada.

led 3 sisi

Hmm,, saya coba ingat-ingat lagi kejadian 2 tahun lalu. Artikel nya bisa dilihat disini http://nichozblog.com/2013/03/08/aki-tekor-diengkol-susah-keringat-bercucuran/. Dalam artikel tersebut, salah satu penyebab utama aki tekor juga setelah saya mengganti headlap dengan LED. Mungkinkah ini terjadi ???

Saya mencoba menganalisa. Sambil bertanya-tanya ke temen saya yang ahli elektronika. Hasil analisa saya dan temen saya : Memang benar LED ini adalah penyebab aki tekor. Kok bisa ???

Begini. Motor yamaha Xeon karbu pada dasarnya masih menggunakan sistim kelistrikan AC ( bolak-balik). Sehingga arus dari aki terbagi menjadi 2. Satu ke pengisian aki, dan satunya lagi ke lampu utama. Pada saat Headlam di ganti led, otomatis arus dari spul tinggal satu, yaitu yang menuju ke pengisian aki. Karena hambatan yang melalui lampu utama putus, ini membuat siklus aliran arus menjadi kurang stabil. Sehingga membuat pengisian aki menjadi terganggu. Hasilnya, aki menjadi loss arus.

Solusi satu-satunya agar pengisian menjadi stabil kembali adalah : mengubah sistim kelistrikan dari AC menjadi DC ( searah ). Dengan cara ini, arus dari spull bener-bener terfokus ke ke pengisian aki. Arus dan tegangan pun jadi stabil.

Terbukti !!! Setelah saya rubah sistim kelistrikan menjadi DC aki langsung JOZZ lagi. Malahan tambah jozz dari sebelumyan. Artikel nya menyusul ya, Insya Allah :mrgreen: .

So, Bagi masbro yang mau pasang headlamp LED, jangan lupa perhatikan sistim kelistrikan motor masbro. Kalau masih AC, sebaiknya dirubah ke DC dulu. Bagaimana cara merubahnya. Tetep Stay tune di Nichoz blog 😀 .

Kalau ada yang berbeda pendapat silakan tulis dikolom komentar. Kita buka diskusi bareng-bareng 😀

Semoga bermanfaat. Salam bloger ngapaks.

Comments»

1. gilaroda2 - 22/03/2015

Mantab, klo diambil dr aki langsung gmn masbro?

2. Nichoz Ahmad - 22/03/2015

La itu kmaren lngsung dri aki bro… makanya lngsung tekor

3. Nichoz Ahmad - 22/03/2015

Klo dah DC baru oke 😀

4. Irpanudin (@tamananyar) - 07/04/2015

wah,.. ini bahasan ekspert. ane ga ngerti sampai detil gitu gan,.. meskipun soal lampu doang,… hihi.
titip lapak kunjungan gan.
http://new.infosuper.blogdetik.com/2015/04/06/teknologi-esp-honda-ketika-blogger-kehilangan-katakata

5. akhfauzan - 16/04/2015

Gan, ane baru keratjunan tu LED 3 titik, model baru ini ya gan HL. M02D, nah, nyang ane demen bejimana cara modip fullwavenya tu…

yen bisa ditambahi lah pira regane kiprok tiger, jarene si modip fullwave mesti nganggo kiprok tiger, bener ora?

salam sing wordpresser… wkwkw. salam ngapak…

https://akhfauzan.wordpress.com/

6. killbill1 - 05/06/2015

info yg berguna sekali, karna pernah juga mengalami

7. syllkyane - 10/06/2015

Emang bener bro arus kelistrikannya harus dirubah dulu dari AC ke DC, ada alatnya klo ga salah pake relay cb tanya ke bengkel variasi, klo butuh info harga aki kering motor disini aja bro http://motorcihuy.blogspot.com makasih gan…