jump to navigation

Touring Aman, Ini 10 Peralatan Yang Wajib Di Bawa Februari 4, 2015

Posted by nichoz in : Otomotif, Touring , trackback

Motor-Turing-sumber-motoplanet

Touring bagi seorang biker adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak heran, setiap liburan panjang pasti ada saja rombongan biker yang melakukan touring. Selain refresing, touring juga bisa di resapi untuk mengagumi ciptaan-Nya. Jalan yang berliku, naik turun gunung, menyusuri lembah merupakan tantangan tersendiri. 

Tujuan touring pun bermacam-macam. Akan tetapi wisata alam merupakan destinasi paling favorit untuk touring. Menyegarkan pikiran dari keruwetan perkotaan dan pekerjaan.

Persiapan sebelum melakukan touring pun harus matang. Jangan sampai terjadi sesuatu tidak diinginkan, karena kurangnnya persiapan. Pengin touring masbro aman ??? Berikut 10 peralatan yang wajib dibawa pada saat touring yang saya kutip dari Carmudi Indonesia.

jaket-anti-hujan-sumber-motorcyclecruiser

Bagi yang melakukan touring pada saat musim hujan seperti ini, tentu jaket anti hujan/jas hujan sangatlah penting. Gak lucu juga kan touring sambil hujan-hujanan. Kalau punya jaket anti hujan tentu lebih bagus. Karena kita tidak perlu berhenti untuk sekedar memakai jas hujan. Tapi kalau adanya jas hujan pun sudah cukup. Yang penting kita tidak kebasahan/kedinginan yang berujung pada meriang. Pilihlah jas hujan yang benar-benar kedap air.

kaos polos

sepatu both

Selain jaket, pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman juga wajib dibawa. Sebab kita akan melakukan perjalanan jauh, apalagi memakan waktu lebih dari 1 hari. Karena itulah, membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman menjadi penting.

Untuk alas kaki, sesuaikan dengan tema dan atau rute touring motor yang akan ditempuh. Kalau musin hujan seperti ini, sebaiknya menggunakan sepatu boots anti air. Sehingga walaupun hujan kaki kita tetap kering. Sedangkan untuk pakaian ganti, penggunaan kaus lengan pendek atau t-shirt juga bisa jadi pilihan  sebagai pakaian ganti selama touring motor.

kotak-p3k-sumber-drdeb

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring motor wajib adanya. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika Anda mengalami gejala tidak enak badan saat berpergian. Selain itu Suplemen juga  penting agar badan kita tetap Fit.

Cash-back-sumber-cashbackpro

Bawalah uang tunai secukupnya saja. Selain di dompet, simpanlah uang tunai dibeberapa bagian. Seperti di Tas, kantong celana dan lainnya. Ini untuk menghindari kejadian pemerasan maupun dompet kita terjatuh di jalan. Sehingga masih ada uang tunai lain yang kita pegang.

tool-kit-sumber-amazon

Touring tentu melewati jalan yang beragam. Terkadang juga melewati jalan yang extreme maupun rusak. Tentu ini bisa membuat beberapa bagian motor kendor. Misalnya baut yang kendor. Atau juga untuk mengganti part-part minor seperti Busi. Bengkel tidak ada di setiap tempat. Tool kit sangatlah penting.

flat-tire-repair-kit-sumber-ebay

Perangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor saat berpergian touring tak begitu penting. Tapi, jika motor kita mengalami kebocoran ban saat touring, maka perangkat ini sangat berguna. Dilengkapi dengan pompa/tabung gas, obeng, serta lem dan karet untuk tambal ban, kini menambal ban motor bisa dilakukan dengan cepat dan seorang diri. Lucu juga kan Touring dorong motor gara-gara ban g=kempes :mrgreen: .

pisau-lipat-sumber-whattnews

Melengkapi tool kit, pisau lipat multifungsi pun menjadi salah satu peralatan yang wajib dibawa saat touring. Kegunaan pisau lipat ini bukan hanya untuk kebutuhan motor saja, tapi juga bisa berguna untuk yang lainnya. Setidaknya, pastikan pisau lipat yang dibawa memiliki banyak pilihan pisau, sekaligus dalam kondisi masih tajam.

senter-korek-api

Penggunaan senter dan pemantik api cukup berguna di kala perjalanan touring motor Anda sudah memasuki waktu malam hari. Jika senter berfungsi sumber cahaya di kala malam hari, penggunaan pemantik api juga mampu menjadi penyelamat di kala harus menyalakan api untuk memasak atau sekedar api unggun. Touring sambil Camping, pasti Jozzz.

gps-peta

GPS sangatlah penting saat melakukan Touring. Apalagi tempat yang dikunjungi belum pernah sama sekali dilalui. Pasti sangat membingungkan. Kalau siang sih bisa tanya-tanya ke penduduk sekitar. Kalau malam tentu bingung, apalagi ketika melewati tempat yang sepi. GPS yang digunaka sebaiknnya juga yang bisa terhubung langsung ke satelit. Kalau menggunakan GPS HP kelemahannya adalah pada saat sinyal hilang.

power-bank-sumber-red5

Untuk kita yang mempunyai Smartphone yang boros, Power bank sangat berguna saat touring. Kapasitas yang besar bisa menjamin Smartphone kita tetap hidup. Ini penting agar kalau ada rombongan yang tertinggal atau terpisah bisa langsung di hubungi.

Demikian beberapa peralatan yang diperlukan saat Touring. Semoga bermanfaat.

Touring lah dengan sopan. Tetap patuhi rambu lalu-lintas. Hormati pengguna jalan lain serta warga tempat tujuan Touring.

Salam Bloger Ngapaks.

Sumber CARMUDI INDONESIA ( carmudi.co.id )

Tags:

Comments»

no comments yet - be the first?