jump to navigation

Cegah Korsleting Listrik, Vixion Ini Dipasangi Banyak Sikring Januari 5, 2015

Posted by nichoz in : Otomotif, Yamaha , trackback

Sikring NVL

 

Hubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Begitu bahayanya Korsleting listrik. Sehingga jangan sekali-kali meremehkan bahaya yang di timbulkan.

Dalam dunia roda dua, tentu kita sering mengotak atik kelistrikan motor. Baik sekedar memasang lampu led untuk mempercantik tampilan. Memasang alarm motor untuk keamanan. Menambah klakson tambahan agar lebih sangar. Ataupun modifikasi yang berhubungan dengan listrik lainnya. Tentu yang namanya buatan manusia kadang kurang sempurna dalam pemasangan.

Konsleting listrik adalah salah satu yang harus diperhatikan serius dalam modifikasi kelistrikan motor. Karena bahaya yang ditimbulkan sangat besar. Bukan hanya merusak alat yang kita pasang di motor. Tapi juga bisa membakar seluruh motor kita.

Contoh sederhana, bila kita memegang kabel salah satu kutub aki. Kemudian kutub tersebut menyentuh kutub yang lainnya. Pasti akan timbul percikan api. Saya sendiri pernah ngerasain hal tersebut. Seketika kabel langsung saya lempar. Walaupun tegangan aki kecil, Tapi apabila terjadi korsleting akan muncul aliran listrik yang sangat besar.

Untuk menghindari kejadian yang tidak dinginkan baik itu kerusakan part yang kita pasang maupun kebakaran, maka perlu dipasang pengaman. Pengaman tersebut biasa disebut sikring. Sikring otomatis akan putus apabila terjadi lonjakan aliran listrik yang tidak terduga.

rumah sekring

Seperti yang dipasang di motor NVL milik temen saya. Motor temen saya ini memang banyak sekali dipasangi aksesories kelistrikan. Saya sendiri pernah melihatnya. Untuk mencegah korsleting, maka dipasanglah pengaman sikring di setiap aksesories.

Bukankah motor bawaan sudah ada sikringnya ? Memang benar setiap motor sudah ada sikringnya. Tapi memasang sikring disetiap aksesoris jauh lebih aman. Misal yang korslet bagian alarm maka yang putus pun sikring alarm. Sehingga sikring utama tetap berfungsi. Kalau sedang riding tengah malam sikring utama putus, kan susah juga nyari gantinya. Misal dijumper langsung juga terlalu beresiko.

So cara di atas memang jitu. Saya juga kepengen 😀

Semoga bermanfaat.

Salam bloger ngapaks . . .

Comments»

1. kenthoet - 05/01/2015

wohh sippp lebih aman n lbih mudah mendeteksi kerusakannya klo bnyk sekering 😀
http://kenthoetboreup.com/

2. Nichoz Ahmad - 05/01/2015

Wah… udah .com ternyata 😀

3. kenthoet - 05/01/2015

Alhamdulillah 😀

4. Nichoz Ahmad - 05/01/2015

Smiga makin rajin bulis artikel … jngan kaya saya 😆

5. kenthoet - 05/01/2015

Haha siapp boss 😀

6. Nofgi - 05/01/2015

Sebenarnya nggak perlu banyak2.
Cukup 1atau2 buat aksesoris2, tinggal diparalel 😀

http://nofgipiston.wordpress.com/2015/01/05/membuat-lampu-hazard-di-sepeda-motor-bagian-2/

7. Nichoz Ahmad - 05/01/2015

Tujuanya kan bila 1 putus tidak mengganggu fungsi yg lin… jdu tetap perlu… 😀

8. Nofgi - 06/01/2015

Siiiiip deh 😀