jump to navigation

Ganti Battery Remote Alarm Motor Desember 13, 2014

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

baterai alarm motor

Sudah sekitar 4 tahun saya memakai alarm motor. Alarm yang saya pakain adalah merk Tacobell. Bentuk alarmnya sederhana, fiturnya juga sederhana. Fitur mute pun tidak ada. Tidak seperti alarm-alarm motor yang dijual sekarang.

Alarm saya pasang di motor yang dipakai bapak saya. Motor Jupiter Z burhan warna hijau. Memang sudah lama bapak mengeluh alarm motornya tidak berfungsi lagi. Bahkan remote alarm cadangan pun juga tidak berfungsi. Maka ketika saya pulang kampung, saya menyempatkan diri untuk mengganti baterai remote. Ciri baterai habis tentu saja remote tidak berfungsi. Serta lampu indikator remote juga tidak nyala ketika tombol dipencet.

Ketika alarm yang biasa dipakai saya pencet, memang lampu nya tidak menyala. Bisa dipastikan baterainya habis. Sedangkan ketika remote cadangan di pencet, lampu led nya nyala kedip-kedip. Tombol juga kadang berfungsi kadang tidak. Entahlah kenapa, tapi fokus saya saat ini adalah mengganti baterai nya dulu.

Baterai yang digunakan sangat kecil. Bentuknya seperti baterai jam dinding. Tapi ukuranya lebih kecil lagi. Walaupun kecil, tegangan baterai ini 12 V. Bandingkan dengan baterai jam dinding yang hanya 1.5 V. Inilah baterai dengan tipe A27.

Saya coba cari di toko elektronika. Alhamdulillah langsung ketemu. Bermerk Alkaline Energizer. Harga 1 buahnya 15.000. Saya membeli 2 buah untuk dua remote alarm. Memang mencari baterai seperti ini agak susah. Tidak terlalu banyak toko yang menjualnya. Tapi kalau mau mencari, cobalah ke toko kamera atau ke studio kamera. Karena baterai ini konon banyak dipake di kamera juga.baterai alarm motor

Siapkan obeng kecil yang biasa digunakan untuk membuka hp. Setelah dibuka maka akan tampak seperti ini

baterai alarm motor

Tinggal pasang saja. Setelah di coba ternyata nyala. Tapi remote kadang berfungsi kadang tidak. Entah lah yang rusak bagian apa nya. Bagian penerimanya, atau remotenya. Karena kedua remote masih nyala, maka kemungkinan kerusakan ada pada mesin alarm. Sampai sekarang masih belum saya bongkar. Saya sudah keburu berangkat ke Bogor lagi.

PicsArt_1414442817783

remote alarm motor tacobell

Semoga bermanfaat,

Slam bloger ngapaks…

Comments»

1. ivanantonia1 - 19/02/2016

Dan akhirnya… alarm pun dilepas…

R.I.P. Alarm motor