jump to navigation

Pabrik AHM Mampu Menghidupi 1,2 Juta Orang Desember 12, 2014

Posted by nichoz in : Honda, Otomotif , trackback

FOTO-PABRIK-BARU-AHM-_-Wapres-ke-Pabrik-Baru-Astra-Honda-Motor

Nichozblog – AHM Baru saja meresmikan pengoperasian pabrik baru . Pabrik tersebut dibangun di lahan seluas 84 hektare di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat. Berkapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun. Jika ditambah dengan 3 Plant yang sebelumnya, maka total kapasitas produksi secara keseluruhan menjadi 5,3 juta unit per tahun. Jumlah yang sungguh fantastis. Mengingan pasar sepeda motor di Indonesia seitar 7-8 juta unit per tahun. Dengan beroperasinya pabrik ini, maka AHM dapat dipastikan menjadi pabrik Sepeda Motor Honda terbesar di Dunia.

Pabrik sepeda motor Honda ini mampu menyerap lebih dari 3.500 tenaga kerja baru. Pabrik baru Honda ini juga didukung oleh sekitar 230 operator wanita yang terampil dan terlatih dalam merakit sepeda motor Honda. Secara keseluruhan, pabrik sepeda motor Honda di Indonesia memiliki kemampuan menyerap lebih dari 22.400 karyawan.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengungkapkan dalam rantai bisnis perusahaan, saat ini AHM didukung oleh sekitar 15.245 institusi bisnis yang terdiri antara lain 981 pemasok komponen sepeda motor Honda secara langsung maupun tidak langsung, 19 Usaha Mikro Kecil Menengah binaan AHM, 29 main dealer Honda, 1.817 dealer Honda, 3.646 bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), 250 outlet layanan Honda, 350 bengkel mitra binaan, 7.652 toko suku cadang, dan 300 outlet perusahaan pembiayaan sepeda motor Honda, 86 perusahaan logistik pengiriman sepeda motor Honda, serta 115 outlet perusahaan asuransi sepeda motor Honda.

Rantai bisnis sepeda motor Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia ini memiliki total omzet bisnis sekitar Rp80 triliun yang melibatkan sekitar 300.000 tenaga kerja. Besarnya jumlah tenaga kerja yang mencari nafkah di rantai bisnis Honda ini mendorong AHM untuk terus berkarya menciptakan sepeda motor Honda terbaik bagi masyarakat Indonesia sehingga dapat menggerakkan roda ekonomi, sekaligus menemani masyarakat berkarya mewujudkan mencapai mimpi-mimpinya.

“Jika dijumlahkan dengan anggota keluarga, secara tidak langsung ada sekitar 1,2 juta orang yang merasakan dampak bisnis sepeda motor Honda. Dengan semangat Satu Hati atau One Heart, kami yakin bisnis Astra Honda Motor ini akan menjadi aset bangsa yang membanggakan dan menyejahterakan masyarakat, termasuk pabrik baru kami di Karawang ini.”

======================

Industri sepeda motor memang salah satu industri yang menyerap banyak lapangan kerja. Mulai dari pembuatan, distribusi, jaringan penjualan. Semuanya membutuhkan pekerja untuk menjalankannya. Otomatis lapangan kerja pun bertambah. Meningaktnya penjualan sepeda motor tanah air beberapa tahun ini membuktikan bahwa Indonesia memang sedang kenuju ke arah kemajuan. Pendapatan perkapita naik menyebabkan banyak orang mampu membeli sepede motor.

Pelaku industri kecil pun tertolong dengan ini. Dulu produsen kerupuk rumahan (misal) mengantarkan dagangannya menggunakan sepeda ontel. Jangkauan nya terbatas. Karena kecepatan sepeda ontel tidaklah seberapa. Tapi dengan sepeda motor, produsen rumahan krupuk tersebut dapat mengirim krupuknya ke tempat yang lebih jauh. Jangkauan yang jauh. Serta dapat melakukan pengiriman tidak hanya 1,2 kali sehari. Bahkan berkali-kali. Apalagi kredit sepeda motor sekarang sangatlah gampang.

Tidak dipungkiri, membludagnya produksi sepeda motor memang menimbulkan banyak keluhan. Tapi dibalik itu, ada juga yang tertolong dengan banyaknya produksi sepeda motor.

Salam bloger ngapaks

Comments»

no comments yet - be the first?