jump to navigation

Mengukur Kecepatan Maksimal Kereta Api Kita Menggunakan Aplikasi Android Desember 6, 2014

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

kecepatan kereta api

Pada tanggal 25-27 Oktober kemaren, saya pulang kampung untuk keperluan perpanjang SIM. Waktu libur yang sangat singkat (sabtu-minggu) mengharuskan saya untuk menggunakan moda transportasi kereta api. Dari hati yang paling dalam, penginnya sih pake motor. Tapi waktu tidak memungkinkan. 

Hari sabtu masuk kerja sip 3. Pulang kerja sekitar jam 07.00 pagi. Mau naik kereta yang berangkat pagi, ternyata tidak memungkinkan. Karena kereta berangkat dari stasiun jatinegara jam 09.00. Dari Cileungsi Bogor ke Jatinegara tidak mungkin di tempuh dalam waktu 1,5 jam. Dari pada telat dan tiket hangus maka saya memilih berangkat dari STasiun Senen jam 19.00.

Berangkat menggunakan kereta Sawunggalih malam kelas Eksekutif. Sedangkan balik lagi menggunakan kereta kelas ekonomi Bogowonto. Keduanya bisa menempuh waktu sekitar 6 jam. Jauh lebih cepat dari pada menggunakan motor ataupun bis yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam.

Di dalam Kereta, iseng-iseng saya mengukur kecepatan maksimal dari kereta api yang saya tumpangi. Nyari di Google, ketemulah aplikasi android bernama Ulysse Speedometer. Pengoperasiannya cukup mudah. Tinggal nyalakan Aplikasi, tunggu sampai menemukan sinyal GPS.

Satuan sebetulnya bisa di settin kedalam Kilometer. Tapi saya belum menemukannya. Maka saya masih memakai satuan Mil. 1 mil = 1,6 Km.

Aktifkan Aplikasi, hidupkan icon “lokasi” pada Hp. Tunggu sampai Ulysse spedometer menemukan inyal GPS. Setelah ketemu, layar langsung menampilkan berapa kecepatan kendaraan yang sedang saya kendarai. Serta menampilkan pula kecepatan maksimal.

Lalu berapakan kecepatan maksimal kereta api di negara kita ???

Kereta api Sawunggalih malam berangkat dari stasiun Senen. Pengukuran saya lakukan di jalur sekitar Cikampek – Indramayu. Pengukuran saya lakukan ketika kecepatan kereta mulai konstan. Berikut hasilnya ;

kecepatan kereta api

Kecepatan maksimal yang dapat terekam adalah 60 mil/jam. Artinya sama dengan 97 km/jam.

Sedangkan kereta Bogowonto diukur di sekitar jalur Cirebon-Indramayu. berikut hasilnya :

kecepatan kereta api

Kecepatan maksimal 61 mil/jam. Atau sama dengan 97,6 km/ jam. Lumayan cepat untuk ukuran kereta.

Perlu diketahui juga, pengukuran saya lakukan di jalur tertentu saja. Tidak menutup kemungkinan, top speed di jalur lain bisa lebih cepat dari ini. Demikiaan, semoga bermanfaat.

Salam bloger ngapaks. . . .

Comments»

1. I-Am - 06/12/2014

Hahaha.. balapan bae kae nang Tambak…

2. Nichoz Ahmad - 06/12/2014

Wkakaka… Iseng. . .

3. yusufblog23 - 07/12/2014

nyimak kang..
http://traktordohc.com/2014/12/07/mobil-ini-sanggup-memuntahkan-power-255hp-padahal-kubikasinya-hanya-1-3l/

4. Nichoz Ahmad - 07/12/2014

Jozzzzz

5. yusufblog23 - 07/12/2014

Nyuuusss…