jump to navigation

Solusi Baut Arm Yamaha Xeon Dol/Slek Oktober 20, 2014

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif, Tips , trackback

PicsArt_1413752031714

Arm Yamaha Xeon memang membuat tampilan lebih keren. Cornering jadi lebih stabil. Letaknya yang berada di dekat knalpot membuat part ini selalu panas. Sehingga baut yang mengikatnya pun menempel lebih kencang dari part lainya. Ini di karenakan panas knalpot menimbulkan pemuaian pada baut. 

Bila tidak hati-hati  ketika melepas nya. Baut bisa dol/slek. Kalau sudah seperti ini, masih bisa di tap ulang. Tpi kalau di tap ulang masih dol juga, terpaksa harus di bubut ulang. Gedein lubang,  gedein ukuran baut. Bayangin aja sudah ribet.

Seperti yang terjadi pada motor yamaha Xeon saya beberapa waktu yang lalu. Ganti ban belakang di sebuah toko ban ternama. Otomatis, knalpot harus dilepas,  arm juga harus di lepas. Karena tidak hati-hati, ulir yang ada di dalam ikut terbawa ulir baut. Baut pun tidak bisa dipasang lagi.

Baut arm xeon

Tap ulang pun saya lakukan. Tapi ternyata tetep gak bisa. Baud tetep dol. Bahkan kalau terpaksa di pasang timbul bunyi yang kurang enak. Kalau tidak di pasang, dilihat kurang enak.

Setelah sekian lama saya biarkan, akhirnya saya menemukan solusi nya. Waktu itu,  saya sedang membeli oli motor di sebuah bengkel. Di depan terpampang beragam bentuk baut. Dari yang kecil sampai yang besar. Dari yang panjang sampai yang pendek tersedia di bengkel itu. Tertujulah pandangan saya pada baut  yang lumayan panjang. Ukuran 14. Saya pun kembali teringat motor saya yang baut arm nya tidak ada. Saya minta ambilkan 1 buah untuk saya coba. Ternyata kurang panjang. Saya ambil satu lagi yang lebih panjang. Nah baru pas.

Saya beli saja 1 buah (baut +mur) . Harganya lupa 😆 . Pasang sendiri di rumah. Tampilan kembali enak dilihat. Tidak renggang. Seperti mau lepas 😀 . Berikut gambarnya :

Arm yamaha xeon

Ini khusus baut arm bagian belakang. Kalau bagian tengah dan depan gak bisa,  karena lubang bautnya gak tembus.

So,  kalau Xeon sampeya baut Arm nya dol,,,  Ganti aja baut yang panjang tambahin mur sekalian.

Semoga bermanfaat

Salam bloger ngapaks…

Comments»

1. aripitstop - 20/10/2014

Siap suhu

2. orong-orong - 20/10/2014

nyimak suhu
nitip jemuran suhu, supaya cepet kering
http://orongorong.com/2014/10/18/kenapa-jupiter-mx-naik-kelas-tapi-jupiter-z1-tidak-ini-alasanya/