jump to navigation

Perpanjang STNK Minimal 25 Hari Sebelum Masa Berlaku Habis, Kalau SIM Berapa Ya ??. September 17, 2014

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

 

image

samsat purwokerto

Libur lebaran kemarin memang lebih panjang. Di saat kantor pemerintahan masih buka,  saya sudah libur duluan. Maka dari itu saya manfaatkan kesempatan ini untuk membayar pajak motor (STNK).

Perjalanan mudik 12 jam.  Sampai di kampung halaman jam 01.30 malam. Paginya langsung menuju Samsat online yang terletak di Purwokerto.  Sampai sana jam 10 siang. Ngantri lumayan panjang. Ini aneh, biasanya bayar pajak motor disini sangat cepat. Menurut penuturan lek Maskur penunggu blog maskurmambang.com, bayar pajak motor disini cukup 3 menit. Lek maskur sendiri membutuhkan waktu 10 menit,  karena antrian memang lumayan banyak. Tapi waktu 10 menit menurut saya sudah sangat cepat.

Usut punya usut,  ternyata memang sedang ada gangguan jaringan internetnya. Saya pun maklum. Memang gangguan seperti itu bisa datang kapan saja.

Setelah gangguan dapat diatasi, antrian pun mulai menyusut. Tibalah giliran saya. Saya sodorkan STNK, BPKB dan KTP asli ke petugas. Di dalam di verivikasi datanya. Memang cepat gak ada 5 menit nama saya dipanggil. Namun petugas dengan sopan meminta maaf. Ternyata pajak motor saya belum waktunya dibayarkan. “minimal 25 hari sebelum masa habis mas” begitu kata petugas.

Jiaaaahhh. . .  Sudah antri sekitar 1 jam. Panas-panasan ternyata sia-sia.  Memang salah saya gak bertanya dulu. Tapi ya sudahlah. Anggap saja tes kesabaran, karena waktu itu memang sedang puasa.

Nah,,,  bulan November depat giliran masa berlaku sim saya yang habis. Saya pun sudah beli tiket kereta di bulan oktober. Waktunya sangat mepet. Senin masuk malem. Senin pagi sudah di kampung untuk perpanjang SIM. Siang jam 12 sudah harus di stasiun.  Jam 5 sore kereta sampai di jatinegara. Malem masuk kerja. Kalau dipikir-pikir ribet juga. Terlalu beresiko. Kalau sim nya jadi. Kalau gak jadi sia-sia semua.

Maka dari itu di sini saya mau tanya pada bro sis semua. Bisakah perpanjang sim di lakukan 3 bulan sebelum masa berlaku habis ..? Rekan kerja saya yang berdomisili di bogor mengatakan bisa. Minimal 6 bulan sebelum masa berlaku SIM habis. Tpi temean saya satu lagi mengatakan tidak bisa. Temen saya sudah membuktikan sendiri. Tapi itu 2 tahun lalu. Di blitar jawa timur.

Terus yang bener yang mana? Mohon bantuanya ya bro.  Terutama yang berdomisili di Banyumas. Suwun

Salam bloger ngalaks…

Comments»

1. JalanBerkarisma - 17/09/2014

wah kalo banyumas kurang tahu mas bro…… tapi kalau di bandung kemarin sempet dikasih tahu sama polisinya 2 bulan sebelum habis sudah boleh diperpanjang….

http://jalanberkarisma.wordpress.com/2014/09/17/respiro-jatos-beri-lagi-diskon-khusus-untuk-komunitas/

2. Nichoz Ahmad - 17/09/2014

Ciyus bro. . Sip sip. . Thakns infonya . . .

3. JalanBerkarisma - 17/09/2014

sip….. semoga di sana juga sama….

4. Nichoz Ahmad - 17/09/2014

Aamiiiin 😀 …. Kalau bener bisa, lngsung pesen tiket buat minggu depan… Mumpung naik sip. . . Gak terlalu capek… Hehe

5. yusufgates - 18/09/2014

hati-hati polisi jail mas..
http://xplatfromdohc.wordpress.com/2014/09/18/first-impression-about-kawasaki-zl400-eliminator/

6. Nichoz Ahmad - 18/09/2014

Samsat keliling lah 😀

7. yusufgates - 18/09/2014

Hahaha..mantep

8. Lokomotif Clutch Bag - 24/07/2015

saya juga lagi mencari informasi mengenai maksimal berapa bulan untuk melakukan perpanjangan stnk sebelum jatuh tempo, terima kasih untuk informasi dari para komentator dan blogger…

9. Jual Electric Motors (@electricmotor1) - 16/02/2016

JUAL ELECTRIC MOTOR COILS

Motor Listrik Coils dan Rewind Kit untuk Traction Motors, Traction Generator untuk Lokomotif dan Off -Road Truk Pertambangan Satu Souce tunggal untuk semua Kebutuhan Anda motor Coil . Kami memiliki Coil Data untuk lebih dari 25.000 Motors Listrik di layanan World Wide , termasuk : GE, Westinghouse, Baldor, Brown Boveri, TECO, Siemens, Allis – Chalmers, Crocker Wheeler, P & H, EMD, Reuland, Reliance, Jeffrey, Century, Marathon dan Toshiba. Coils untuk 15.000 Aplikasi Volt.

Cepat, layanan kompetitif. Coils untuk Setiap Aplikasi Industri Termasuk motor Rewinds Toko, Kereta, Pertambangan, Drag Lines, Baja Mills, Cranes dan Hoistes, Off -Highway truk, Hydrogenerators, Pumping Stasiun dan Off – Shore Bor Motors. Pemesanan Electric Motor Coils Hub, GN Technologies Jln. Boulevard Raya Ruko Star Of Asia No.99 Taman Ubud Lippo Karawaci Tangerang Telp : 085100463227 PIN 57D4830B

http://electricmotorpms.blogspot.co.id/

10. afrianto aan (@afrianto_aan) - 16/07/2016

Saya pikir bisa 3 bulan sebelumnya. Ternyata 25 hari sebelumnya ya…
http://www.akademiasuransi.org