jump to navigation

Salah Persepsi Tentang Layanan Ex Fast Yamaha Maret 15, 2013

Posted by nichoz in : Otomotif, Yamaha , trackback

ex fast

 

Layanan 3S yang baik dari perusahaan sepeda motor merupakan nilai tambah tersendiri. Ketika part yang kita butuhkan tergolong urgent, mau tidak mau kita harus dengan segera mencari penggantinya. Kita pergi ke dealer. Kita cari part yang dibutuhkan. Ketika part yang kita cari tidak ada, atau harus inden terlalu lama, tentu kita kecewa. Mungkin kalau sekedar part-part biasa masih bisa dimaklumi. Tapi kalau sudah masuk ke ranah part yang sensitif seperti busi, kampas rem dan lainya tentu kita tidak mau menunggu terlalu lama. Bayangkan bila busi motor mati, kita harus inden 2 minggu (misal ) masa iya kita kerja gak pake motor. Atau kampas rem habis. Masa iya kita harus tetep pakai motor tanpa kampas rem ? Oleh karena itu, penyediaan spare part yang ready stok, harga jelas, inden cepat, tentu sangat membantu konsume seperti kita.

Dalam hal ini, Yamaha punya layanan yang namanya Ex Fast : Exellent Quality Service. Saya pernah baca di artikel IWB ( klik ) tentang layanan Ex Fast ini. Di situ di sebutkan pesan spare part Yamaha cukup 1 hari. Apabila kita pesen spare part hari ini sebelum jam 2, maka spare part akan datang besok. Sedangkan kalau pesen nya sesudah jam 2 siang, maka spare part akan datang besoknya lagi. Waktu itu saya mengira, ini berlaku untuk semua spare part.

Sampai akhirnya saya mencoba layanan ini. Saya pesan fender inner & cover inder warna merah untuk Yamaha xeon. Sesampainya di dealer saya utarakan keperluan saya. Namun ternyata tidak seperti di artikel IWB. Saya harus inden 3 minggu untuk mendapatkan spare part yang saya butuhkan. Saya tanyakan ke dealer tentang layanan Ex Fast. Tapi pihak dealer mengatakan ” emang dari pusat seperti itu mas, katanya inden cukup satu hari, tapi pada kenyataanya tetep gak bisa” kata kepala mekanik. Kemudian saya minta form pemesana spare part, ternyata gak perlu.

Jujur saya bingung dengan dealer ini. Dulu, sebelum ini, saya pernah coba layanan Ex Fast Yamaha. Waktu itu saya pesen busi. Saya cukup di suruh ngisi form, ngumpulin fotokopi STNK dan KTP. Memang betul, besoknya busi sudah datang. Yang jadi pertanyaan saya, kenapa di dialer ini tidak bisa seperti itu ? Apa memang hanya dealer-dialer tertentu (besar) saja yang bisa. Tapi menurut saya dealer ini termasuk besar. Bisa melayani 3S. Jualan motor juga. Gudang Spare part kelihatanya juga cukup besar. Apa karena dialernya yang males ngurus yang beginian ? Entah lah . . .

Untuk menjawab kebingungan tersebut, saya pun mengirim email [email protected] . Kirim email siang, sorenya sudah di jawab. Berikut jawaban email dari Yamaha :

Selamat Sore Bapak . . . . . . . . . . . . .

Kami sampaikan terima kasih atas apresiasi anda terhadap produk Yamaha.
Menanggapi pertanyaan dari Bapak untuk layanan Ex Fast adalah layanan yang
diberikan oleh Yamaha kepada customer dengan memberikan harga pasti,
pengiriman cepat, dan informasi jelas. Dalam layanan ini customer bisa
mendapatkan spare part tersebut dengan cepat dalam + 1 hari pemesanan, hal
ini dapat melakukan pemesanan bila spare part yang dibutuhkan tergolong
urgent (priority order system) dimana dengan untuk pemesanan dengan system
POS (priority order system) ada persyratan yang harus dilengkapi yaitu Copy
STNK yang masih berlaku dan Copy KTP berdasarkan hal tersebut maka pihak
dealer akan melakukan order dengan system yang telah ditentukan tersebut,
namun bila pemesanan lebih dari jam 12.00 wib, maka akan diproses pada hari
berikutnya.

Apabila saat ini Bapak sudah melakukan pemesanan baiknya dapat ditunggu
terlebih dahulu dan apabila dalam waktu yang dijanjikan dealer belum
kunjung datang kami persilahkan dapat melaporkan kepada kami disertai
dengan bukti pemesanan dimana nantinya kami akan bantu konfirmasi kepada
pihak dealer dan team spare part kami.

Demikian penjelasan dari kami, terima kasih atas kunjungan anda ke website
Yamaha

Salam,

Irma
Contact Center Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Jl. KRT. Radjiman Widyodiningrat (Jl. Raya Bekasi KM.23)
Pulogadung Jakarta Timur
Telp.021-2457-5555 /  461-8000 (Hunting)
Fax. 021-4616995
E-mail:[email protected]

 

Ohhhhh,,, Ternyata hanya untuk spare part yang urgent saja. Kirain semua spare part bisa. Tapi kok pihak dialer diam saja ? gak tahu atau gak ngasih tau ??? Tau ahh,, saya juga gak tau :mrgreen:

So,,, Layanan Ex Fast ini tentu sangat berguna. Apalagi untuk part-part yang urgent. Tapi kedepanya, semoga semua spare part bisa dipesan dengan cepat. Cukup 1 hari. Di jamin konsumen pasti puas.

Demikian masbro . . . Semoga bermanfaat . . .

Salam bloger ngapaks . . .

Comments»

1. frontdiskbrake - 15/03/2013

mugo2 kabeh spare part inden lewat ex fast, alias GPL gak pake lama

2. Nichoz Ahmad - 16/03/2013

jozzz klau kyak gtu smua….

3. klingon z1 - 16/03/2013

nyimax 😀

4. Nichoz Ahmad - 16/03/2013

silakan bro 😀

5. er purpone - 16/03/2013

gpl

6. FB YH - 16/03/2013

Wah kok beda dengan dealer yamaha yang pernah saya kunjungi mas. Kalau dulu saya pernah kecelakaan naik New Jupiter Z, terus kerusakan terjadi pada Front fender hancur, tameng depan juga pecah, lampu sen kiri juga kena, sama dudukan klakson patah. Ajaibnya mekaniknya bilang, tenang aja mas Yamaha pakai layanan Ex-fast kok. Pasti besok pagi motor juga udah jadi (saya masukin ke dealer siangnya). Eh bener besoknya motor saya sudah bagus lagi

7. Nichoz Ahmad - 16/03/2013

wahhh,,, ini dialerya yang males ngurus kali yak ?? 🙁

8. ukin - 16/03/2013

mungkin kalo kecelakaan tu dianggep urgent.

9. FB YH - 17/03/2013

Engga tau juga mas. Masalahnya di rumah ada motor 3 semuanya Yamaha, kalau masalah sparepart fast/slow moving sama body parts belum pernah inden lama mas. Paling cuma sehari. Makanya saya agak heran baca cerita mas Nichoz Ahmad di atas.. Soalnya pengalaman saya engga pernah seperti itu. Saya biasa di dealer Yamaha daerah Jagakarsa jakarta selatan, lupa saya namanya. Puas saya sama pelayanan mereka selama ini

10. Mas Sayur - 16/03/2013

belum pernah nyoba… 🙂
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/03/16/nonton-saja-yukkk-kawasaki-zxr-250-r/

11. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 16/03/2013

yah mending ada ex fast mas…

dari pada yang laennya…

😆

12. Nichoz Ahmad - 16/03/2013

😆

13. [email protected] - 16/03/2013

Pernah punya xeon to bro,mau tanya=xeon th brp? Plus jika di bndingkan xeon karbu vs xeon rc injxi,enakan mana ya? Bnyak kendalanya gak xeon rc tu? Mksih

14. Nichoz Ahmad - 16/03/2013

xeon karbu tahun 2011,,, kalau xeon rc ane blum pernah nyoba bro . . .

15. [email protected] - 16/03/2013

Nb=Mo ambil sport,sya cuma liat fungsional aja, kayaknya kalo pke sport pas mo belanja kok ribet gitu,hehehe

16. Erit07 - 16/03/2013

Simakk kng…

17. Triyanto Banyumasan - 16/03/2013

oh kaya kuwe… *manggut manggut

18. ipanase - 16/03/2013

kalau aku di yamaha yang gede

19. An_Syahri - 17/03/2013

Klo spare part setahuku juga ada pengaruhnya dengan kapasitas vendornya mas… jika pengiriman untk deliery reguler empot-empotan bisa jadi spare partnya juga agak telat…..