jump to navigation

Vario Tekno Ban "Donat", Velg Standar Dipasangi Ban Gambot Ukuran 120/70, Bahaya Bro !!! Maret 13, 2013

Posted by nichoz in : Ban, Ban, Otomotif , trackback

ban donat

 

Ban gambot, emang bikin motor jadi kelihatan kekar. Riding lebih stabil, serta lebih pede ketika menerabas jalan berlubang. Tapi di balik semua itu, ada konsekuensi lain yang juga di dapat. Tarikan motor berkurang, konsumsi bbm tambah boros, dan mengeluarkan uang lebih karena harganya lebih mahal. Yang perlu diperhatikan saat mengganti ban menjadi ban gambot adalah : kesesuaian antara ban dan velg. Jangan sampai ban ukuran besar dipasang di velg kecil, atau sebaliknya velg kecil dipasang i ban besar. Ada batas toleransi tertentu yang tidak boleh dilanggar.

Apabila velg kecil di pasangi ban besar, yang terjadi adalah ban akan berbentuk seperti donat. Permukaan karet akan tertaik oleh ukuran velg yang kecil. Sehingga bagian ban yang bersentuhan dengan aspal lebih sedikit. Tentu ini sangat berbahaya ketika motor di bawa cornering. Apalagi di trek basah. Ban gampang meleset, karena lengkungan ban terlalu ekstrim membuat sentuhan ban dengan aspal tidak sempurna.

Hal ini terjadi pada motor temen saya (vario tekno ). Ban tersebut adalah bawaan dari empunya yang pertama.

Ban asli bawaan pabrik adalah depan : 80/90, belakang 90/90. Dipasangi dengan ban yang lebih besar. Depan : 90/90 merk Federal. Belakang 120/70 FDR Sport XR Evo. Saya cuma geleng-geleng ketika pertama kali lihat. Kok yo ban belakangnya muat di velg. Padahal naik 3 step. Tapi ya itu, bukanya tambah kekar. Ban jadi kayak donat. Bulet, cuma kelihatan tambah tinggi. Bahkan ketika di jejerin dengan ban ukuran 90/80, kelihatan beda tipis. Kaya cuma naik 1 step doang. Bagaimana kesan-kesan menggunakan ban seperti ini ??? Sudah pasti seperti yang saya terangkan di atas. Sering meleset ketika di bawa cornering. Apalagi ketika terjadi hujan. Berbahaya bro . . .

Berikut perbandingan 90/80 di velg standar. Dan 120/70 di velg standar :

fdr sport xr evo

 

Velg standar, ban ukuran 90/80

sport xr evo ban donat

 

Ukuran 120/70 di velg standar, tidak kelihatan lebar, tapi tinggi . . .

So,,, ketika mengganti ban dengan ukluran lebih besar, sebaiknya velgnya di ganti juga yang lebih lebar. Lihat toleransi ban terhadap velg.

 

Berikut adalah tabel Ukuran ban beserta ukuran velg yang diperbolehkan, saya ambil dari situs resmi FDR Tire ( link ):

Untuk Rasio /60 atau /70

LEBAR UKURAN VELG
80 MT 1.85 MT 2.15 MT 2.50
100 MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00
110 2.50 A MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50
120 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75
130 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00
140 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00 MT 4.25 MT 4.50

Untuk Rasio /80, /90 atau /100

LEBAR UKURAN VELG
50 1.20 1.40
60 1.20 1.40 1.50 MT 1.50 1.60 MT 1.60
70 1.40 1.50 MT 1.50 1.60 1.85 MT 1.60 MT 1.85
80 1.60 MT 1.60 1.85 2.15 MT 1.85 MT 2.15
90 1.85 MT 1.85 2.15 2.50 MT 2.15 MT 2.50 2.50 C
100 2.15 MT 2.15 2.50 2.75 MT 2.50 MT 2.75 2.50 C
110 2.15 MT 2.15 2.50 2.75 3.00 MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00 2.50 C
120 2.50 MT 2.50 2.75 3.00 MT 2.75 MT 3.00
130 2.50 MT 2.50 2.75 MT 2.75 3.00 MT 3.00 MT 3.50
140 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75
150 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00 MT 4.25

Ket: MT = Rim Tubeless

Kalau ban dan velg kalian gak sesuai, segera ganti bro . . . Berbahaya . . . Bagaimanapun Safety adalah yang paling utama :-D.

Semoga bermanfaat. . . .

Salam bloger ngapaks . . .

Comments»

1. An_Syahri - 13/03/2013

walaahhh… ada saran ga mas buat referensi nih….

2. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

saran gmana mksudnya mas ??? 😀

3. An_Syahri - 13/03/2013

Ya buat gantiin yang standar ke ban yang lebih gedhe tapi stabil mas…

4. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

lihat di tabel coba mas . . . velgnya ukuran berapa ???

5. zrack - 13/03/2013

kalau gak salah ukuran all mio dan soul gt
1.60 dpn
1.85 blkng
ya gak ya kan ?

6. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

ane gak tau bro 😆

7. kenthoet - 14/03/2013

mio 1,40 depan n 1,60 blkng masbro 😀

8. basri - 14/03/2013

Pantesan, walau udah pake ban seukuran wario tapi tetep kelihatan kecil, ternyata velgnya juga kecil beda sama wario yang 1.60F dan 1.85R.. (cmiiw)

9. nbsusanto - 13/03/2013

emang nggak banyak bedanya mas kalo velg sama..
itu pabrikan yg teknologi jerman malah ban standarnya 120/70 di velg 2.15..

10. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

ciyus mas,,, kok kecil bgt velgnya . . .

11. klingon z1 - 14/03/2013

mungkin ini bisa bantu http://megaproholic.wordpress.com/2011/02/04/kombinasi-ukuran-velg-dan-ban-ideal/ 😀 biar ga asal pasang ban 😛

12. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

sip mas bro . . .thankyou . . .

13. rusmanjay - 14/03/2013

ganti ban gede mesti perhatikan juga ukuran rim nya

14. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

pasti masbro . . . :mrgreen:

15. [email protected] - 14/03/2013

Varionya tambah gagah,apa lagi ganti ban dokkar..hemm biar lemot tapi kan gagah..maaf brcanda,
*ARTIKEL PENCERDASAN .

16. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

:mrgreen:

17. ipanase - 14/03/2013

velg vario ukuran berapa ya,
cocoknya ya belakang 100 aja

18. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

100 kyanya masih bsa pan… la ini jauhhhh .>>

19. ipanase - 14/03/2013

vixion standar banyak yang dipaksain pake ban byson, ckckkcc

20. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

gak boleh itu 😀

21. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 14/03/2013

katanya aman mas… kan dulu ada pers conference, velg 100 bisa muat sampai 130 kalo gak salah…

katanya lho…

22. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

😆

23. Erit07 - 14/03/2013

Mana cocok vario pke ban gede gtu…

24. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

donat bro :mrgreen:

25. ares - 14/03/2013

velg kecil diisi ban besar, hasilnya ban jadi lentur mirip kulit dibawah lengan. cek aja saat posisi standar samping, pegang behel jok dan gerakkan kiri kanan. ban lentur walau isi angin udah standar.

26. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

betul bro…. 😀

27. Maskur - 14/03/2013

setandar bae wis cukup

28. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

nggonku standar lik….

29. Bonsai Biker - 14/03/2013

gembooot semoks

30. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

betul mbah bon 😀

31. paedhimas - 14/03/2013

gambot = sexy…? ‘-) ‘-) enak yang standart kayaknya…

32. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

standar aja pak … 😀

33. redbike92 - 14/03/2013

oh berati ban sama velg harus sesuai ya 😀

34. Nichoz Ahmad - 14/03/2013

iya bro,,,, ada toleransinya sh…. 😀

35. suzuki bae - 15/03/2013

ban standar terbaik coz dah test pabrikan

36. deidara - 17/03/2013

standard dah paling top..

37. calevy - 09/01/2014

kalau velg besar dipasang ban yg agak kecil efeknya gmn mas? mksh sblumnya..

38. calevy - 09/01/2014

kalau velg besar dipasang ban yg agak kecil tpmasih dalam toleransi tabel efeknya gmn mas? misal velg rim 14″ ukuran dpn/blkg = 2,5″/3,5″ sedangkan ban ukuran dpn-blkg = 100/70-140/70 mksh sblumnya..

39. Lukmanul Hakim - 05/03/2015

120 belakang, 110 depan terlalu donat,,, yg ideal tuh belakang 100, depan 90,,,, ane pake ukuran segitu gk mendonat kok di velg,,,