jump to navigation

Luxeon 10 Watt Vs Bohlam 2 x 25 Watt, Terang Yang 10 Watt bro . . . Maret 12, 2013

Posted by nichoz in : luxeon, Otomotif , trackback

lampu luxeon

Teknologi bikinan manusia kian hari kian canggih. Dulu, lampu terang identik dengan boros. Namun seiring dengan berkembangya IPTEK, lampu irit pun sekarang bisa nyala terang. Yuupp,,, Lampu Luxeon adalah salah satunya. Luxeon adalah pengembangan dari LED ( Led Emiting Dioda ). LED berdaya tinggi ini ( disebut berdaya tinggi karena led umumnya mempunyai watt yang kecil 0,… sekian watt ) mampu memancarkan cahaya yang lebih terang dari lampu bohlam yang watt nya jauh lebih besar sekalipun. Tentu ini sangat mendukung go green.

Karena tertarik dengan irit dan terangnya itu, saya pun membeli 1 buah ke lek Aziz penunggu warung DOHC. Luxeon ini tinggal pasang. Dalam artian tinggal dicolokkan ke +, – aki. Agar bisa dihidupkan dan dimatikan, pasang saja saklar tambahan. Terserah mau pakai saklar model apa. Kalau saya sendiri memanfaatkan fitur aho bawaan motor. Dudukan saklar di ganti dengan model lama yang masih ada saklar lampunya. Sehingga tidak perlu melukai motor untuk sekedar pasang saklar.

Setelah semua terpasang, berikut panampakanya ;

Lampu luxeon Yamaha Xeon

Perbandingan Lampu bohlam 2×25 watt VS Luxeon 10 watt :

LAMP[U XEON 2X25 WATT

Nyala Lampu headlamp bawaan motor 2×25 watt

nyala lampu luxeon 10 watt

Nyala lampu Luxeon 10 Watt

Wuiiihhh,,, jelas banget perbedaanya . Gambar yang atas adalah gambar nyala lampu headlamp berdaya 2×25 watt. Terlihat masih agak gelap. Tidak terlalu terang. Yang bawah adalah nyala luxeon yang berdaya “hanya” 10 watt. Terlihat sangat kontras perbedaanya. Walaupun pada saat lampu luxeon menyala, lampu headlam juga masih tetep nyala, tapi cahaya luxeon bisa mengalahkan pancaran bohlam 2×25 watt.

Nyala luxeon yang saya beli adalah warm white. Nyalanya masih putih agak kekuningan. Sehingga masih aman ketika di bawa riding pada saat hujan. Ketika saya coba di jalan raya, depan terlihat sangat jelas. Biasanya, saya sering menghantam lubang di depan karena lampu kurang terang. Motor tidak bisa menghindar dari lubang karena jarak yang terlalu dekat. Dengan luxeon ini, pandangan 10 m kedepan sangat jelas. Jadi kalau ada lubang atau kerikil atau batu, masih bisa segera menghindar.

So,,, jelas banget kan perbedaan nya. Walaupun Lyuxeon watt nya kecil, tetapi jauh lebih terang dari lampu bohlam yang watt nya 5x lebih besar. Pengin pasang juga gak bro ???

Semoga kepengen :mrgreen:

Comments»

1. fadeln250r - 12/03/2013

gak ah. . .aku jarang riding malem

2. Nichoz Ahmad - 12/03/2013

Sip masbro,,, mubazir . . . πŸ˜€

3. pak RW - 12/03/2013

harganya berapa yak?

4. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

150-300 an pak,,, tergantung kualitas πŸ˜€

5. idadzzz - 12/03/2013

mantep. . .
Kbtlan ska riding malem

6. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

pasang bro …. .

7. rusmanjay - 12/03/2013

wah mantap. harganya berapa ya?

8. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

150-300 an bro,,, tergantung kualitas . . .

9. b7 - 12/03/2013

harganya berapa mas?
yg lebih dari 10watt ada ndak?

10. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

yg 20 watt ada bro . . .

11. bhiyusss - 13/03/2013

cari d kaskus ad gan.pling gedhe 20 watt.

12. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

betul bro . . . πŸ˜€

13. MazPed - 13/03/2013

kalimat paling bawah terasa ga asing yak…

:mrgreen:

14. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

wahh ono simg ndue , , , , mlayuuuuu , , , ,

*)cincing katok :mrgreen:

15. jurigkamera - 13/03/2013

Jadi pengen -_____-

16. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

beli bro πŸ˜€

17. dreadlock - 13/03/2013

Lebih irit daya daripada hid ya? Aku pake hid phillips 35 watt 4300k + proyektor, terang pol, tapi kelistrikan harus di upgrade biar aki gak tekor. (Di NMP)

18. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

irit bro,,, cma 10 watt,,, tpi ama hid kyanya teragan HID πŸ˜€

19. Bhoedy - 13/03/2013

i2 dipasang di xeon ya? Kira2 bisa ga dimasukin ke main headlamp di tebeng? Jd pengganti lampu utama?

20. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

kyanya bsa bro,,, tpi harus lebih kreatip,,, & harus beli 2,,, :mrgreen:

21. pak tarno - 13/03/2013

bahaya, ente sih enak terang, pengendara dari depan bisa silau.
itu LED gak ada cut off cahayanya, jadi cahaya akan bulat-bulat menyinar ke depan.
beda dengan lampu bawaan yg punya potongan cahaya, jadi gak silau.
lampu ori = cahaya terpotong, berkas sinar kelihatan pipih ke samping
LED = cahaya terlihat bundar penuh yg bisa menyilaukan

22. Dreadlock - 13/03/2013

Projector ane ada cut off nya juga lho, cahayanya kepotong di sisi kanan jadi lebih pendek. Terang tapi gak nyilauin.

23. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

waahhh,, gtu ya bro,,,, ane nundukin lagi deh bro , , , biar depan bawah aja yg terang,,, Thankyo kritiknya bro . . .

24. MazPed - 13/03/2013

Setau ane kalo Led jenis ini sudah di lengkapi proyektor jadi cahaya’nya fokus bulet ke depan gak kayak HID.
masalah silau atau gak dari arah depan, itu tergantung seting tinggi rendah pancaran Led. jangan terlalu tinggi. samakan dgn pancaran lampu dekat dan jangan buat lampu tembak (passing)
IMHO

25. Nichoz Ahmad - 15/03/2013

Sip leh heroe . . . πŸ˜€

26. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 13/03/2013

kalo ke kelistrikan AC… bisa kah?

27. pak tarno - 13/03/2013

led harus DC coy, convert aja ke DC. modal dioda sama kabel doang

28. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

di kasih dioda sistim jembatan plus elco bro,,, biar keluaranya DC , , ,

29. Kang Ari - 13/03/2013

sip,,,,
http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/13/cb150r-dari-karatan-bunyi-klotok2-dan-shockbreker-bocor/

30. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

πŸ˜€

31. kepo - 13/03/2013

kayaknya bs bikin silau buat kendaraan dr arah berlawanan..

32. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

ane nunduki lagi kalau emng bahaya bro,,, bgaimanapun juga safety orang banyak lebih utama. . . .

33. Les Pinggir - 13/03/2013

baiknya dibikin buat lampu dim aja tuh..biar gak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan..
keep safer riding

34. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

sip masbro,,, thankyo saranya . . .

35. Soeharto Jooss - 13/03/2013

ane pake yg 20watt mazbro,tp tdk sesuai ekspektasi,terang sih terang..terang bgt tp ya itu..klo di gambar2 yg punya lapak sinarnya bisa fokus tp kenyataannya punya ane g fokus2 amat,cenderung bundar sinarnya mlh lebih terang bagian yg samping lensa & 1.5m kedepan g jelas mnrt ane.ane pasang di rumah headlamp,meski udah nunduk msh ttp lempeng kynya,yg kliatan terang cm depan ban doang.msh blm nemu setting posisi yg pas! pokoke g sefokus gambar dilapak lah,& silau men!

36. pak tarno - 13/03/2013

bukannya itu bisa diatur fokusnya ya…bisa diputer-puter seperti muter fokus cahaya senter. CMIIW

37. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

kyanya memang ada rangkaian khusus buat fokusi bro,,, ane pernah baca tpi lupa dimana … πŸ˜†

38. MR. A - 04/04/2013

lensa cembungnya x gan, kurang sudutnya. plus, LED Luxeon 20watt, stau ane ga pake convex / lensa 90 derajat di LEDnya. jdi ngandelin lensa luar ajh.
contoh gambar bisa diliat disini;
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010478143/share-info-dan-pengalaman-bikin-serta-make-headlamp-led-di-motor

gambar paling bawah ya.
Ane pernah pake yg model itu, fokus gan. cuma skrg isdead gara2 driverny korslet.

39. Erit07 - 13/03/2013

Piye toh iki…?

40. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

apane bro ???

41. dimasarif96 - 13/03/2013

awas mas bisa buat silau pengendara yg di depannya saran sih setengah dari lensa bisa di tutup pake skotlet supaya ngga bikin terlalu silau tapi nanti cahayanya ga terlalu terang

42. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

ane nundukin aja bro , , , kalau masih silau,,, mau ane copotaja buat ngobor keong :mrgreen:

safety first

43. GrandV - 13/03/2013

Heeh, terang banget kiyi… itu dudukannya bikin sendiri atau udah satu paket ?

44. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

udah satu paket bro . . .

45. Anonim - 20/03/2013

kalmau pasang luxeon di headlamp brp duit bro?: n yg bgs merek apa?

46. ipanase - 13/03/2013

terangnya, moga ga silau

47. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

silau kynya pan

48. smartfaiz - 13/03/2013

di tes saja dulu sama ownernya… klo dari depan ga silau worthed to buy tuh πŸ™‚ kalau menyilaukan ya sebaiknya ga dipasang bisa membahayakan rider berlawanan arah. kalau melihat penampakan digambar, tembok kanan kiri ikutan terang diatas ketinggian lampu sepertinya menyilaukan CMIIW

49. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

kyanya silau bro,,, soalnya terang bgt,,, kalau emng bhaya mau tak copot aja >>>

50. vega r - 13/03/2013

regane piro bozz? lek aziz kuwi ngendi omahe.aq tulungagung.

51. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

wong krawang bro , , , dihubungi lewat email aja,,, di bloignya kyanya ada .. .

52. Soeharto Jooss - 13/03/2013

bisa tunjukin caranya ga masbro,sayang juga klo dilepas dah kluarin duit bnyk :-D, klo pas di jalan raya sih g ada yg komplain coz searah tp klo jln 2 arah repot takut nyelakain org.. plg tidak difokusin dulu lah biar g tll keatas sinarnya.klo mslh silau produk H itu ntah knp hampir smua produknya lampu utama bikin silau terutama maticnya,pdhl tetangga2nya g ada yg bikin silau

53. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

kyanya pake rangkaian khusus,,, harganya juga mahal bro,,, 200 ribuan keatas kyanya,,, lgi nyari2,, link nya lupa πŸ˜€

54. satriapertamax - 13/03/2013

Wah racun ini,,,nyesel gw mampir kesini karena gw jadi kepengen…
Ayo yang punya warung tanggung jawab…
Nitip jemuran masbro

http://satriapertamax.wordpress.com/2013/03/13/satria-fu-boros-yuk-simak-5-manfaat-dibalik-yang-katanya-borosnya-satria-fu/#comments

55. Nichoz Ahmad - 13/03/2013

:mrgreen: monggo bro . . .

56. An_Syahri - 13/03/2013

Lawan arahnya apa ga kesilauan mas…? atau cuman saat-saat tertentu aja pakainya mas…?

57. Virus - 14/03/2013

sekedar saran, ditiru aja si lek aziz yg punya lapak pemasangannya dibawah bukan diatas (di pasang di shock depan klo gak salah)
mungkin itu lebih baik + aman ketimbang dicopot kan mubazir…

58. Nichoz Ahmad - 15/03/2013

kotor masbro,,, musim hujan . . .

59. mydasign - 14/03/2013

dinyalain kalo malem aja kali gan. headlamp utama tetep dipake. khusus kalo mau bepergian jauh baru dipake…

60. juborju - 15/03/2013

Luxeon itu projie bukan bro..?
Klo sama HID 5000k terang mana yaa ??

61. gunawanspurs - 17/03/2013

selama ga dikasih shield cut off, maka menggunakan lampu LED high power projector spt ini di jalan dua arah dgn kondisi lalin yg cukup ramai = BANGSAT ……. maaf, tp itulah apa adanya, fakta di lapangan. sangat menyilaukan kepada pengguna jalan yg berlawanan arah dgn si bangsat tsb.

kalo mau dibikin nunduk, boleh, tapi apa lampu jadi berguna ketika dibikin SANGAT MENUNDUK hingga jatuhnya PROYEKSI cahaya cuma sekitar 2-3 meter di depan kendaraan ? …… ingat, cahaya lighting kendaraan hanya berguna ketika fokus cahaya jatuh di titik yg cukup jauh di depan (berapa nilai tepatnya tergantung kecepatan kendaraannya sendiri), shg si pengendara punya cukup waktu utk bereaksi mengantisipasi obyek di jalan yg bisa terlihat dgn pencahayaan lampu tsb.

Ada MAKSUDNYA ketika berbagai lampu PROYEKTOR di kendaraan2 lain yg OEM bawaan aslinya, SEMUA menggunakan SHIELD CUT OFF, baik yg single beam spt projie halogen di mobil2, atau yg dual beam Hi-Lo spt proyektor HID aftermarket yg sering dijual akhir2 ini utk keperluan retrofit kendaraan.

proyektor LED spt ini hanya PANTAS digunakan sbg auxiliary lamp saat TIDAK ADA incoming traffic dari arah depan, atau di jalan multi lane yg SATU ARAH. Atau kalau mau digunakan sbg high beam lamp utk keperluan ngedim, masih OK dipakai.

Sekali lagi, mohon maaf bila komentar sy ini kurang berkenan, tp niatnya dr awal hanya ingin “wattawaa shaubil haq”, katakanlah kebenaran walaupun pahit adanya. wassalam. πŸ™‚

62. Andri - 20/03/2013

Saya pake luxeon buat lampu utama di Honda Beat. Selama ini ga ada masalah karena sdh sy modif agar sinarnya lebih fokus drpd kondisi ori dgn sinar menyebar. Jd ga bikin pengendara dr arah depan silau. Yg jelas mau pasang Luxeon mesti kreatif dlu. Sayangnya kelemahannya cm 1,baru bisa nge-dim dgn akal2an driver lednya. Itu jg bukan dari sinar pendek ke jauh. Tp dari cahaya sinar normal menjadi lebih terang.

63. Anonim - 20/03/2013

Pasang luxeon di headlamp motor berapaan bro n yg bgs yg brp watt n merek apa?

64. mbah_suro - 21/03/2013

Pengertian LED yang benar adalah Light Emiting Dioda,bukan Led Emiting Dioda
Karena saya sendiri adalah orang elektronika,jadi harus meluruskan demi kebenaran.

65. Sigit - 05/04/2013

tapi itu harus fullwave dulu ya?

66. iwan wirawan - 08/04/2013

Mantab juga, tapi kayaknya LED lumensnya kurang… kurang pekat seperti Halogen… CMIIW

67. Iwan Rambu Anarki - 11/05/2013

Halogen 250-300 lumens/watt, sedangkan LED cuma 35-40 lumens/watt… untuk touring kurang pas, CMIIW

68. rizkaseptianjani - 26/06/2013

mau luxeon 10watt..
cek di http://bikershop-tangerang.blogspot.com/

69. #99 bro. - 15/09/2013

punyaku pasangnya gini..
http://rosso99.wordpress.com/2013/09/15/pasang-led-luxeon-10-watt-robot-ompong-jadi-picek/

70. dwichris - 28/03/2014

numpang sharing:
http://bikinsendirilampudepanled.blogspot.com

71. LED Cree 10 Watt Ini Cuma Segede Telur, Tapi Lebih Terang Dari Bohlam 2×25 watt (Bagian1) | Nichoz Blog - 21/10/2014

[…] saya tulis di artikel “Luxeon 10 Watt Vs Bohlam 2 x 25 Watt, Terang Yang 10 Watt bro” LINK. Β Silakan […]

72. Bukti Lampu Led Lebih Terang Dari Lampu Bohlam/Halogen | Nichoz Blog - 12/12/2014

[…] Perbandingannya lumayan jauh kan. Ini Link artikel nyaΒ http://nichozblog.com/2013/03/12/luxeon-10-watt-vs-bohlam-2-x-25-watt-terang-yang-10-watt-bro/ […]