jump to navigation

Aki Tekor, Diengkol Susah, Keringat Bercucuran Maret 8, 2013

Posted by nichoz in : Otomotif , trackback

charger hp motor

Tadi sore, sepulang kerja, Suasana agak lebih bersemangat. Hari ini akan ada makan-makan syukuran dari teman yang habis membeli motor baru ( CB150R STF), ( kebetulan sudah laper :mrgreen: ) . Sehabis Sholat di mushola PT, saya langsung meluncur ke parkiran. Sampai di parkiran, pandangan tertuju ke arah pohon besar. Di situlah motor saya parkir.

Hujan tadi siang yang lumayan deras membuat jok motor basah. Saya pun kemudian membuka jok motor untuk mengambil “kanebo”. Saya lap motor di bagian jok, leg shield kanan kiri, lampu depan, tidak lupa helm juga ikut di lap. Setelah itu, saya ambil jaket di dalam genthong bagasi. Sambil duduk di atas jok, saya pakai jaket dan juga helm.

Sudah siap. Kontak motor saya putar ke arah on. Lampu “indikator orange” menyala sebentar kemudian mati. Tarik tuas rem, Pencet tombol stater. Ces ues ues ues ues greeenggg,,, :mrgreen: mesin nyala sebentar kemudian mati lagi. Saya coba pencet tombol stater lagi. Ces ues ues ues ngeeekkk. Stater gak bisa ngangkat. Saya diamkan sebentar, 2-3 menit. Memang beberapa hari ini mulai terlihat gejala aki mulai tekor. Walaupun agak berat, tapi masih bisa ngangkat stater.

Photo-0013

Saya coba sekali lagi. Ces ues ngeeekkkkk . . . . . Sudah tidak bisa ngangkat lebih jauh lagi. Sampai akhirnya aki sama sekali tidah bisa ngangkat stater. Cuma bisa menyalakan lampu spedo meter. Itupun redup.

Saya mulai khawatir. Karena selama ini motor yang saya pakai engkol nya di lepas. Bukan biar dibilang motor canggih ๐Ÿ˜€ . Tapi karena bunyi cekrek-cekrek ketika melalui jalan bergelombang membuat tidak nyaman. Kalau sampai Engkol dan kunci “L” nya tidak di bawa. Modyaaaarrrr…. Gak ada temen. Semuanya pada ikut makan-makan. Masa harus di dorong sendiri???? ๐Ÿ˜†

Setelah saya bukan bagasi, ternyata lengkap. Satu kekhawatiran hilang. Karena memang, engkol dan kunci “L” selalu saya bawa untuk jaga-jaga kalau terjadi kejadian seperti ini. Yang lebih saya kwatirkan lagi adalah : Motor saya ini, selama ini susah sekali di engkol, dalam keadaan aki normal sekalipun. Sudah sering nyobain, susah banget.

Kekhawatiran itu ternyata terjadi. Saya engkol berkali-kali tetap saja gak jadi. Bahkan di coba oleh karyawan lain (nyampe 4 orang nyobain) tetep gak hidup. (malu euy di kerubungin banyak orang…. ). ย Semuanya keliatan sampai keringetan dan ngos-ngosan. Disaranin, untuk membuka busi. Karena tadi keujana cukup deras, siapa tau businya kemasuka air. Walaupun saya yakin bukan businya (karena sempat bunyi sebentar) tapi tetep saya buka juga. Setelah dubuka ternyata aman.

Akhirnya semua pada menyerah. Dan menyarankan saya untuk membawa ke bengkel di depan saja. Tapi saya yakin, di bawa bengkel pun akan sama. Karena masalah nya adalah aki yang tekor. Seharusnya engkol adalah alternatif lain. Tapi sayang, sangat susah di gunakan. Mungkin yang punya motor xeon diengkol susah juga gak bro ???

Akhirnya saya putuskan untuk menitipkan motor di kontrakan temen yang dekat dengan PT. Namun sebelum motor di dorong keluar parkiran. Saya coba untuk engkol sekali lagi. Siapa tahu bisa hidup.

Kali ini lebih kosentrasi. Tangan kiri menarik tuas rem belakang. Tangan kanan memutar handle gas. Kaki kana menggenjot engkol. Saya genjot berulang-ulang. Pake perasaan. Pada genjotan ke 7, dan nggggrrreeeeeennnnnngggggg . . . . . ย Alhamdulillah nyala masbro. Langsung saya tahan handle gas agar tetap dalam keadaan ditarik. Posisi langsung duduk di atas jok. Sambil menahan nafas dan keringat yang bercucuran, handle gas tetap saya pertahankan. Pada saat itu parkiran sudah sepi. Hanya ada 1,2 orang saja. Tangan kiri coba ambil HP ternyata sudah menunjukkan jam 5 sore. Weleehhh,,, setengah jam lebih bro. Sms temen, minta maaf gak bisa ikut makan-makan. Setelah itu langsung meluncur pulang. Takut mati lagi ๐Ÿ˜†

Dari kejadian ini, saya pun mulai berfikir, Aki baru 1,5 tahun kok sudah tekor yah. Apa karena banyak kelistrikan motor. Tercatat ada 4 aksesories kelistrikan. Alarm motor, charger battery, Lampu led jenggot, Terakhir lampu luxeon 10 watt. Tapi sudah saya lepas. Dari ke empat aksesoris tersebut, yang sering di pakai adalah alarm motor. Charger battery jarang sekali dipakai. Lampu led digunakan ketika malam saja. Hmmm,,, bisa saja sih.

Okelah,,, Besok terpaksa kerja jalan kaki aja :-D. Trauma ย :mrgreen: Mungkin besok sorenya (pulang kerja) baru nyari aki. BTW . . . aki motor buat xeon harganya berapa ya bro. Nanya ama temen ada dua versi. Ada yang mengatakan 130-140 ribu. Ada yang mengatakan diatas 300.000. Yang bener yang mana nih ????

Comments»

1. ipanase - 08/03/2013

wadw

2. Nichoz Ahmad - 08/03/2013

๐Ÿ˜†

3. Maskur - 08/03/2013

aki ki ya maati je.. dikuras ganti accu zuur, mayan nggo memperanjaang umure… nganti mati total

4. Nichoz Ahmad - 08/03/2013

aki kering lik ??? pwe ???

5. nbsusanto - 08/03/2013

nek + aksesoris wajar mas..usia standar katanya 2 taunan..dulu motorku awal beli jarang dipakai, baru 10 bulan udah tekor.. ๐Ÿ˜ฎ
itu ali sama berapa amper?kalo 3,5 sama kayak supra125 dan piksen ya di bawah 200 kalo GS..kayaknya Yuasa juga beda tipis..

6. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

kyanya 3,5 A mas . . . tar tak cek ๐Ÿ˜€

7. frontdiskbrake - 08/03/2013

aki basah ato mf bos?
kalo aki basah, biasanya bisa tukar tambah dipenjual aki pinggir jalan, paling paling cuma nambah 60rebu.
Keawetannya juga lumayan, dimotor astrea impresaku bisa dipake 2tahun masih eces buat starter.
Tetangga juga nerapin pada mio-nya udah dipake 1 th lebih masih oke.
Misal cuma dipake 1th juga gak masalah, jika dikalkulasi beli didiler lebih menguntungkan.
Tp kalo aki mf, tinggal lem kuning, (lempar tuku maning)

8. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

aki kering bro . . .

kyaya memang haru di lem kuning . . . ๐Ÿ˜†

9. rusmanjay - 09/03/2013

saya beli aki mf 145 rb merk G*

10. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

OK bro, thank infoya . .

11. deidara - 09/03/2013

aki apaan tuh diatas 300rban,,,
xeon emang susah di engkol,,
temen ane aja ampe gak masuk skolah gara2 aki xeonnya tekor dan susah di engkol,,

12. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

gak tau tu bro temen ane , , , ๐Ÿ˜†

Berarti yang bener sekitar 150 an yah ?

waahhh,,, ternyata ada temenya ,,, emng nyusain bgt ni motor kalau aki tekor, engkolnya kya gak fungsi,,, bayangin mas bro mpe 4 orang nyobain, gak ada yg berhasil, kyanya harus sering2 belajar nih,,, buat mengantiipasi kejadian ini berulang . . . ๐Ÿ˜€

13. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 09/03/2013

TT aja om… kalo aki kering seharusnya lebih mahal dari pada aki basah…

kemaren jual aki punya mio sekitar 30rb an ama punya si tua 15rb an…

๐Ÿ˜‰

14. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

TT apaan om,,, sory oot ๐Ÿ˜†

15. jofrin - 10/03/2013

tukar tambah bro….biasanya di toko2 aki bisa tukar tambah en harga aki lamanya dihargai sekitar 25 rb ๐Ÿ™‚

16. eiscell - 09/03/2013

25rb rekondisi

17. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

murah men bro ???

18. Ochim masih karbu - 09/03/2013

wah ane ga tau berapa aki xeon ๐Ÿ˜€

19. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

Udah beli bro . . .

20. Erit07 - 09/03/2013

Gara” aki jadi kacau..

21. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

Kacau bro,,, berangkat kerja jalan kaki ,ngangkot . . .

22. polenkmerkesenk - 09/03/2013

Ane tuker tambah aki MF lama yg tekor dgn aki baru 115ribu merk Global Battery 3,5A buat Skywave, Alhamdulillah tokcer.

*harga aki 125ribu(aki bekas dihargai 10ribu)

23. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

Aki bekasnya buat jaga2 kalo mati lampu bro ๐Ÿ˜†

24. es jeruk legi - 09/03/2013

Dr pengalaman aku mf jg pake cairan accu zuur…coba aja biasanya aki mf dibagian atasnya ada tutup yg dilem or dikait…buka aja…trus ada lubang buat yg ditutup karet. ..buka lubangnya…..hati2 bersihin dgn dimasukkin air panas…tp jangan yg mendidih….dari termos apa dispenser cukup…setelah itu tiriskan n isi accuzuur…jangan penuh2….charge…klo ngisi bisa dipake lagi…sering betulin ups kompi problemnya spt itu jg…

25. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

Thanks bro sharenya . . . kapan2 ane coba , , , ๐Ÿ˜€

26. gunawanspurs - 09/03/2013

Aki GS NS 40 Z di NeoZebra ZSX 2005 ku kepake 4 tahun, aki Exide Freedom 9 Ah bawaan Pulsar ku kepake 3 tahun lebih, aki GS GTZ 5S 3.5 Ah bawaan Skywave ku kepake 3 tahun pas. Aki mobil & Pulsar low maintenance, selalu dijaga level air aki g boleh lewat batas minimal, aki Skywave maintenance free.

Semua harus dipastikan sistem charging (pengisian listrik) kendaraannya sehat & ga bermasalah, konsumsi kelistrikan kendaraan harus wajar tidak melebihi kemampuan pasokannya. Kalo kelistrikan udah ga standar, pake macam2 aksesoris, maka sistem pengisian jg HARUS diupgrade. (makanya Pulsar 200 & Skywave aku bikin DC full wave dgn kiprok custom, dan Zebra Espass nya aku upgrade dinamo ampere dr standar 35 A jadi pake ex Nissan Singapore yg 90 A).

Aki flooded lead acid yg digunakan di hampir smua kendaraan lokal, baik yg low maintenance atau maintenance free, SEBISA MUNGKIN selalu dijaga kondisinya dlm sikon FULLY CHARGED, dan TIDAK KEPANASAN, agar tidak terjadi proses kristalisasi ion sulfat di dalam cell dan proses self discharge tidak berlebihan. Penggunaan voltmeter digital cukup membantu utk slalu memantau kondisi kelistrikan kendaraan, kalo aki kondisi undercharged (di bawah 12.5 V), WAJIB dicharging dulu smpai mencapai minimal 12.7 V. Jangan meninggalkan accu dgn Vdc di bawah 12.5 V, krn akan memicu & mengakselerasi proses kristalisasi garam sulfat tsb.

Penggunaan aksesoris yg sifatnya terus menerus menyedot arus listrik dlm kondisi uncharged spt alarm, akan meningkatkan resiko aki tekor dan kerusakan sel aki krn kristalisasi sulfat, jadi kurang rcommended. Kalopun mmg HARUS pake alat spt itu, disarankan UPGRADE kapasitas aki jadi lebih BESAR, sehingga lebih TAHAN thdp voltase drop akibat disedot alat tsb. Itu krn aki yg lebih gede kapasitas punya RESERVE CAPACITY yg lebih besar, shg proses penurunan voltase jadi jauh lebih lamban.

Aki standar Xeon setahuku adalah Yuasa YTZ 5S 3.5 Ah maintenance free. Aki ini sama tipenya dgn aki standar Skywave ku, dan saat ini aku pake aki merk INDOBATT tipe ITZ 5S 3.5 Ah dgn spesifikasi dan dimensi yg SAMA PERSIS dgn kedua merk aki tsb. Harga tentu jauh lebih terjangkau, utk GS setauku harga baru sekitar 145 rb, Yuasa sekitar 140 rb, aki INDOBATT ini harga baru sekitar 115 rb saja. Aki ini bikinan Indoparts, OEM na Suzuki. So far so good, udah jalan 3 bulan, no problem, voltase aki bahkan mencapai 12.9 – 13.0 V dlm kondisi fully charged. Klo budget terbatas, aku berani rekomen aki ini, tp tentunya smw kembali k yg punya hajat.

Aki flooded lead acid yg dirawat dgn baik, digunakan dgn tepat, dan sikon pemakaian yg wajar, umumnya bisa berumur lebih dari 2.5 tahun, di mana aki maintenance free biasanya lebih cepat rusak dibanding aki low maintenance yg bisa ditambah air aki nya, selama aki selalu dipantau volume elektrolitnya.

Saya ga rekomen aki maintenance free yg pake gel spt merk sebelah, krn elektrolit gel nya sudah diisi dari pabrik, yg mana kalo aki sudah stok lama, dan ga dipelihara dgn tepat (selalu dikasih trickle charge), punya resiko cepat soak. Kalo mau aki maintenance free, pake aja yg flooded alias pake air aki biasa (accu zuur). Lebih sip lagi sih aki low maintenance yg bisa selalu dipantau & ditambahkan air aki, sayang utk tipe 3.5 Ah ini susah didapat (kemarin hunting di kaskus ada sih murmer ga sampe 100 rb, tapi merk Thailand, dan ga gitu yakin bonafiditasnya).

Salam aki sehat. ๐Ÿ™‚

27. gunawanspurs - 09/03/2013

Oh ya, harga aki INDOBATT tipe ITZ 5S ane dapat segitu kemarin waktu ada promosi sptnya, beli di pameran kantor bini ane (harga 115 rb dikurang aki lama dihargai 15 rb, jadi nett 100 rb).

Harga normal nya kayaknya sekitar 120-125 rb (aki lama dihargai brapa, wallahualam), coba aja hunting di kaskus atau cari di Planet Ban, kayaknya mrk ada jual aki tsb.

28. Nichoz Ahmad - 09/03/2013

wow…. thanks bro infonya,,, baru beli nih aki GS ,, walau agak mahalan dikit ๐Ÿ˜€

29. KEBAIKAN - 09/03/2013

Ganti aki baru aja mas terus di rawat… Kalo pagi hari atau motornya udah didiemin lebih dari 4 jam baiknya di stater kaki aja.

Aki kering Supra X 125 aja awet sampe 5 tahun lebih… Hindari menggunakan stater tangan jika motor hanya dijalankan beberapa meter, seperti mau masuk rumah pas buka pager.

30. penggemar ninja - 10/03/2013

dari dulu males engkol yg namanya matic, soale posisi engkol sama gasnya besebrangan, ngak kek bebek, atau vespa..

jadi klo punya matic ya musti rajin2 rawat kelistrikannya

biar ngak keringetan engkol nya..:D

wakakkaka

31. capung2 - 10/03/2013

gag kebayang klo saat itu pake baju kondangan… lam knl gan !

32. qiqiququ - 13/03/2013

sekedar sharing, saya pakai Scorpio menggunakan AKI standard, dari baru saya lepas engkol, AKI tahan sampai 5 thn 4 bulan. Resep awet saya dapat di http://www.saft7.com/perpanjang-masa-pakai-accu/
Semoga bermanfaat

33. blackrasta - 15/03/2013

Beli aja aki merek toyo 100ribu motorku mio sporty kuat sudah 2 taun, dulu waktu aku beli masih 90ribu

34. rider muda - 15/03/2013

sepertinya smua matic yamaha susah di engkol, punyaku mio jg gt,pny tetangga mio jg sama ky gt.

35. Karis - 14/05/2013

ngos…ngos…ngos…josssss
hhahahahaa…. sama nih bro

http://rideralam.wordpress.com/2013/05/14/aki-sipio-mulai-bikin-ngos-ngosan/

36. Aki Suzuki Sekaiwebe Mati | Learning To Live - 18/06/2013

[…] kaya si Chozin […]

37. Aan Kiye - 29/10/2013

aki 1,5 tahun + aksesoris (alrm) yo wajarlah soak :mrgreen:
monggo jajan mawon 130ribu(gs_astra) ceklek..ngueeeeenggg ๐Ÿ˜†

38. Pasang Headlam LED, Aki kok malah tekor ??? | Nichoz Blog - 22/03/2015

[…] saya coba ingat-ingat lagi kejadian 2 tahun lalu. Artikel nya bisa dilihat disiniย http://nichozblog.com/2013/03/08/aki-tekor-diengkol-susah-keringat-bercucuran/. Dalam artikel tersebut, salah satu penyebab utama aki tekor juga setelah saya mengganti headlap […]