jump to navigation

Lampu Indikator Orange Yamaha Xeon Nyala Terus Februari 23, 2013

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif, Tips, Yamaha , trackback

lampu indikator yamaha xeon nyala terus

 

Pada saat pertama kali motor sampai di rumah, petugas dari dialer menjelaskan : saat menghidupkan motor, kontak on, tunggu sampai indikator orange menyala, terus mati, barulah mesin boleh di stater. Gak tahu fungsi “menunggu” tadi untuk apa. Padahal Motor Yamaha Xeon ini masih karburator.

Setelah saya baca-baca di user manual (buku petunyuk), lampu indikator itu berfungsi sebagai penanda kalau mesin over heat atau ada masalah dengan kelistrikan motor. Awalnya saya mengira ketika lampu utama/lampu sein mati indikator ini akan menyala. Karena lampu juga kelistrikan motor 😀 . Ternyata tidak,, lampu utama mati sebelah, indikator ini tetep mati.

Sampai pada akhirnya motor saya bawa perjalanan jauh awal tahun kemarin. Ketika sampai di Brebes ada yang gak biasa, lampu indikator orange ini nyala terus. Khawatir over heat, motor saya berhentikan sejenak. Saya cek air radiator, ternyata masih full. Coba on kan kontak lagi, indikator ini menyala kedip-kedip tak beraturan. Ketika mesin dinyalakan, indikator ini kembali nyala terus. Bingung,,, hari libur nasional pasti gak ada beres yang buka. Sambil memikirkan langkah selanjutnya, motor saya bawa jalan pelan lagi. Nyari tempat sambil istirahat, dipilihlah alfamart terdekat.

menganti kebumen

Setelah beli minuman ringan & snack, saya teringat perkataan bro Jonatan Onandio penguasa Kenthoeth Blog :mrgreen: . Memang pernah terjadi kejadian seperti ini dan saya tanyakan ke bro Jonatan Onandio. Katanya ada soket warna hitam di bawah filter udara, deket choke otomatis yang lepas atau tidak kepasang. Soket itu adalah penghubung ke TPS ( Throotle Position Sensor ). Akan tetapi waktu itu, sebelum di bongkar motor sudah bener lagi.

Yang menjadi masalah, saat ini saya tidak membawa kunci “L” 4 untuk membuka filter udara. Temen saya pun ternyata tidak bawa. Modyaaar… Dengan berbekal Kunci “T” 10 dan obeng +-, saya nekat bongkar motor saat itu juga. Siapa tau ada petunjuk. Setelah diamat-amati temen saya ternyata jeli. Ada soket warna putih di belakang bawah filter udara yang gak kepasang. Aneh,,, soket ada penguncinya seperti itu kok bisa lepas. Atau tidak kepasang, atau masangnya kurang kenceng ??? Saya tanyaklan ke bro Jonathan, ternyata itu soket choke otomatis.

soket choke otomatis yamaha xeon

 

Soket kemudian disambungkan lagi. Dan cesss . . . . Indikator normal lagi. Kedap-kedip beraturan sudah tidak ada. Indikator hanya nyala pada saat pertama kontak dihidupkan. Setelah itu mati lagi. Dari kejadian ini dapat di simpulkan penyebab nyalanya Indikator Yamaha Xeon :

  1. Over heat
  2. Terjadi throuble di kelistrikan motor

Atau ada yang bisa menambahkan lagi ???

Demikian masbro,, Semoga bermanfaat . .

Salam Bloger ngapaks . . .

Comments»

1. Nichoz Ahmad - 23/02/2013

Pertamax Racing

2. yudha depp - 24/02/2013

solar racing
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/02/inazuma-akan-lebih-laku-bila-ubah.html?m=1

3. Nichoz Ahmad - 24/02/2013

:mrgreen:

4. ipanase - 23/02/2013

kirain jadi injeksi kedip2 😀

5. Nichoz Ahmad - 23/02/2013

kata dialere semi injeksi , , , maksude apa mbuh . . . 😀

6. absoluterevo - 23/02/2013

Nice info mas bro

7. Nichoz Ahmad - 23/02/2013

Ok ,, sami-sami Brooo… 😀

8. mekong - 23/02/2013

petugas Qc nya kurang pengalaman tuh.

9. Nichoz Ahmad - 23/02/2013

Kok QC brow ???

10. kenthoet - 23/02/2013

woohh anyar meneh ‘semi injeksi’ jare :mrgreen:

11. Nichoz Ahmad - 23/02/2013

pye kue penjelasane ? ora mudeng aq , , ,

emng jare dialere juga semi injeksi :mrgreen:

12. vicman80 - 25/02/2013

mungkin semi di “injek2” sihh….
:mrgreen:

#dek’e maksud’e….. 😀

13. rusmanjay - 24/02/2013

nice info 😀

14. Nichoz Ahmad - 24/02/2013

sip bro 😀

15. OcehAan - 24/02/2013

kalo dibebekku(hayah), indikator orange, fak fungsiin jadi indikator lampu sein, aslinya sih ijo(masa lampu sein kedip2 warna ijo : kan ndak nyambung) :imho:
Orange = lampu sein
Ijo = Top gear (4)

Nitip jemuran
http://vegalovers.wordpress.com/2013/02/24/edisi-khusus-hari-minggu-foto-foto-lucu-gan-cekidot/

16. icaq - 24/02/2013

makasih sharingnya bro….ane jg xeoner ijo.

17. Erit07 - 24/02/2013

Ada juga lampu indikator kayak gtu…

18. jofrin - 24/02/2013

kedip2 genit tuch…dulu juga pas ganti karbu Byson jg kedip2 ternyata konek ama TPS-nya 🙂

19. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 25/02/2013

motor saya juga gitu… kedip2 merah di sebelah kiri.. gak taunya olsam tinggal beberapa sendok teh…

😆

20. Aa Ikhwan - 25/02/2013

pengalaman yg ajib n menambah wawasan 😀

21. ruri - 01/03/2013

pengalaman yg berharga gan

22. Xeoners Manado - 07/05/2013

===XEONERS INDONESIA CHAPTER MANADO===
Membagun Persaudaraan “TORANG SAMUA BERSAUDARA”
Mengajak Tertip Berlalulintas
xeoners-chapter-manado-konsisten-kampanye-safety-riding-dan-utamakan-solidaritas dan persahabatan
dengan kami Yamaha Xeoners indonesia chapter Manado, Club Motor yamaha xeon berskala nasional di indonesia, Alamat Sekretariat : Jalan Kembang Mawar No.75 Sario Manado , 95114 CP.Hp.081342589976 / 085343997002.So, let’s join us.

http://www.facebook.com/pages/Xeoners-Indonesia-Chapter-Manado/440956385942037?fref=ts

23. Ibnu Gunawan - 25/02/2014

sorry gan revisi bwt yg punya blog.. soket tersebut bukan penyambung ke arah TPS.. tetapi itu soket untuk Choke otomatis.. coba lihat di gambar part yamaha..

24. Ardi IL Indri - 24/03/2014

kalo mio soul gt sama ga gan

25. motorohim - 27/05/2014

xeon karbu saya masih aman saja, hanya akinya aja yang boros,,, ganti terus
http://rohimmoto.wordpress.com/2014/05/22/over-all-yimm-mampu-menuruti-kemauan-pasar

26. Andra Temboks Prince Black - 24/08/2014

wah sama kejadian nya sama motor saya bro tp motor saya new vixion.!!!! 🙁 gk tau mau di apain mohon bantuan nya bro.!!

27. Dwi Syaputra - 15/03/2015

lampu indikator orange nyala terus padahal cuk kepasang tapi masik menyala terus .. apa masalah nya itu ya

28. jamtanganshopbogor - 30/07/2015

Reblogged this on Jamtanganshopbogor's Blog and commented:
Oia gan motor ane jga xeon sama nih, cma ada kendala yg sangat mengganggu, stiap melalui jalan yg berlubanga atau jln yg gak rata kick staternya bunyi mulu.. Tek tek.. Tpi klo lgi pelan2 dya gak bunyi.. Mungkin agan tau apanya itu yah..?