jump to navigation

Deg Seeeerrr,,, Hampir Saja Nyrudug Wantufaiv ( Vario 125) September 17, 2012

Posted by nichoz in : Honda, Otomotif, Yamaha , trackback

Mengendarai sepeda motor itu ibarat mempertaruhkan nyawa. Lengah sedikit saja nyawa jadi taruhanya. Konsentrasi dan jaga emosi pada saat berkendara sangatlah penting. Jangan sampai karena hal sepele (disalip) emosi kita memuncak. Trus kita kejar tu motor. Tentunya hal ini sangat membahayakan kita dan orang lain.

Atau juga pada saat menyeberang. Kosentrasi, tengok kanan kiri. Pastikan kendaraan dari 2 arah kosong atau kalau kondisi sedang ramai menyeberanglah pelan-pelan nunggu kendaraan dari arah kanan/kiri mengalah. Jangan sampai langsung serobot aja. Bahaya !!!

Kemarin waktu saya jalan di pantura, ada seorang pengendara yang asal serobot seperti ini. Dari arah timur, (saya) di depan sana terlihat motor berjajar di pinggir jalan. Semuanya kemungkina akan menyeberang atau hanya sekedar putar arah. Terlihat juga ada seorang yang sedang mengatur soal sebrang menyeberang seperti ini.

Dengan kondisi berjajar seperti itu, tentu saya mengira mereka akan menyeberang secara bersamaan. Apalagi petugas penyeberang masih mengisyaratkan (menggunkan tangan) kalau kendaraan dari arah timur untuk jalan terus.

Mendekati para penyeberang tersebut, kecepatan masih sekitar 70km/jam. Terus saya turunkan ketika jarak makin mendekat. Setelah saya pastikan aman (tidak ada yang menyeberang), handle gas saya pluntir lebih dalam lagi. Namun alangkah terkejutnya saya, dari arah berlawanan ada seorang penunggang wantufaiv dengan sangat sembrono langsung menyeberang tanpa tengok kanan kiri. Pengendara wantufaiv juga tidak berhenti berjajar seperti pengendara lain yang hendak menyeberang.

Alhasil sayapun sangat kaget. Secara reflek saya tarik tuas rem, namun hanya sedulit (sedikit). Hanya sekedar untuk memperlambat laju motor. Karena kalau dipaksakan langsung di rem bisa-bisa motor langsung terjungkal. Saya lihat di kaca spion sebelah kanan, tidak ada kendaraan dari samping. Langsung saya banting motor ke kanan. Deeg,,, seeeeerrr,,, jantung berdegup kencang. Hanya punya waktu sepersekian detik untuk mengambil keputusan. Kalau motor tidak di banting ke kanan pasti sudah nyrudug buntut wantufaiv tersebut. Untung baru saja isi bahan bakar (nasi padang), jadi masih bisa berkosentrasi penuh heee.

Gak bisa ngebayangin kalau saya salah mengambil keputusan pasti kecelakaan tak terhindarkan. Kalaupun benar mengambil keputusan (banting motor ke kanan) tetapi dari arah kanan ada kendaraan lain kecelakaan pun akan terjadi. Apalagi pengendara wantufaiv tidak pakai helm. Yang jelas semua ini berkat pertolongan Nya. Saya masih bisa berkosentrasi penuh, dari arah samping juga dibuat tidak ada kendaraan.

So,,berhati-hatilah pada saat menyeberang jalan. Tengok kanan kiri, pastikan kendaraan dari dua arah kosong. Atau kalaupun jalan sedang ramai, menyeberanglah dengan pelan-pelan. Tunggu sampai kendaraan dari kanan kiri mengalah. Kalau ada petugas penyeberang ikutilah petunjuknya. Jangan asal serobot,bisa membingungkan pengendara lain. Ada tips lain???

Keep safety riding..

Semoga bermanfaat..

Salam bloger ngapaks..

Baca juga..

Comments»

1. ariefbladeriska - 17/09/2012

pertamax plus,,,,waspada masbro

2. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

wow,,,,

sipmasbro,,,selalu..

3. ariefbladeriska - 17/09/2012

gravatarnya lucu di blog kang nichoz

4. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

xixixi,,, biar ada seninya bro di kasih gravatar,,,

5. lanangbagus - 17/09/2012

cepet bgt refeknya dalam keadaan gt mash sempet lihat kaca spion.

6. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

yoi masbro,,,kan baru di isi bbm,,jdi masih bsa kosentrasi penuh,,,xixixi

7. kharis27 - 17/09/2012

wah main nyelonong bae varionya .,,.,. untung mas bro bisa lebih sigap ,,,apa lagi habis pelintir gas ,,,,,

8. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

untung samping kanan juga gak ada motor,, kalau ada motor di jamin ndlosor,,,

9. brigade jalan raya - 18/09/2012

Memang harus pelan di semua jalan yang berpotensi kebdaraan lain menyebrang. Jadi kalau berhenti mendadak kita tetap aman. 🙂

10. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

yoi bro,,, mendekati penyeberangan juga sudah di pelanin,, karena petugas mengisyaratkan jalan terus yws langsung tak gas,,,, eee,,malah wantufaiv nyonong aja,,,

11. paedhimas - 18/09/2012

hampir saja.. .;-) http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/17/akankah-motor-itu-habis-manis-sepah-di-buang/#more-891

12. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

nyaris..

13. sinbe - 18/09/2012

Senggol bacok. :mrgreen:

14. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

wkwkwk,,,,sadis…

15. siganteng kalem - 18/09/2012

kalo saya beda lagi mas bro…. ane tinggal didaerah cisarua puncak bogor, kalo hari minggu sore jalanan dibikin satu arah dari puncak ke bogor. waktu itu posisi ane dibelakang vixion and didepan nya ada mobil karimun estilo berjalan beriringan kec. 60kpj. secara tiba2 ada alay nyelonong pake motor honda beat keluar dari gang tanpa tengok kiri kanan gak pake helm pula, karimun banting setir sambil rem mendadak trus rider vixi setangnya kena bodi karimun ampe oleng alhamdulillah ane yang dibelakangnya lagi konsen riding jadi masih sempet ngerem and terhindar dari kecelakaan. sempet pengen ngejar ntu alay trus kasih pelajaran tapi ane lagi bonceng anak istri jadi ane biarin ntu alay lolos and ngacir pake motornya…. sorry mas bro ceritanya kepanjangan, hehehe….

16. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

emng paling sebel ketemu alayer seperti itu,,, lebih baik jaga jarak,,, jdi kalau terjdi kecelkaan paling ga msh bsa menghindar,,,

17. abong bonjeruk - 18/09/2012

amankah?
kanaknyangket.blogspot.com/2012/09/pasang-spion-satu-amankah.html?m=1

18. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

kalau cma 1siponya pasti gak aman bro,,,heee

19. nzahry - 18/09/2012

Hati-hati Bozz… emang sering yg kyk gt tuch… apalagi di cikarang sini…

http://nzahry.wordpress.com/2012/09/18/new-honda-sh125i-sh150i-2013/

20. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

yoi bro,,hrus hati-hati,,jangan sradag-srudug,,,

21. yudha depp - 18/09/2012

sukurlah kalau enggak kenapa-kenapa
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/gadis-gadis-satria-f-yang-mempesona.html?m=1

22. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

alhamdulillah masbro…

23. Koi - 18/09/2012

langsung aja klaksonin panjang, terus tendang aja motornya bro ampe jungkel, trus ngacir deh.. 😀

24. Nichoz Ahmad - 18/09/2012

wkwkwk,,, kalau pencet klakson bsa2 nyrudug vario bro…

25. Pangandaranmurah - 19/09/2012

Walaupun ngga pake helm itu keputusan masing2 (celaka atau tidak ngga ada hubungan sama org lain), tapi tetap aja di mindset gw itu yg ga pake helm pasti orangnya ugal2an, jd sama aja golongannya sama alay yg lain

26. Nichoz Ahmad - 19/09/2012

betul masbro,,, dikira kelihatan jelek kai kalau gak pake helm,,, xxixixi

27. MWDS - 19/09/2012

tapi kalau aku jauh lebih parah……!!!

menghindar dari vixi yang ngebut malah nyerempet jupi…….!!!
tapi alhamdulillah aku selamat, tapi rider jupi ndlosor deh…….!!!
kebetulan larinya 60km/jam

apes banget…..!!!

28. Nichoz Ahmad - 19/09/2012

musibah bsa datang kpan saja bro,,, yg jelas kita hrus tetap berikhtiar memperperkecil risiko kecelakaan,, minimaldg memkai hel, jaket, sarung tangan,,

29. ardianfireblade - 19/09/2012

ngeri…
http://ardianfireblade.wordpress.com/2012/09/19/peran-besar-ymki-di-balik-kembali-nya-rossi-ke-yamaha/

30. Nichoz Ahmad - 19/09/2012

deg seer”’

31. rider gunung MALINO - 19/09/2012

ritual sebelum riding…. berDOA agar selamat sampai tujuan….

32. Nichoz Ahmad - 19/09/2012

itu pasti bro,,,

33. Nn - 19/09/2012

Itu rider pasti cewek, kesel jg sama rider cewe d jalanan, hampir nabrak mobil gr2 d klakson cewe tanpa alasan gk jelas

34. Nn - 19/09/2012

Ralat:tanpa alasan yg jelas

35. Nichoz Ahmad - 19/09/2012

bandot bro,, heee

36. Design Bagian Depan Yamaha Xeon FI Mirip Nouvo SX ??? « Nichoz Blog - 19/09/2012

[…] Deg seer,,hampir saja nyrudug wantufaiv […]

37. sailormoon^_^ - 27/09/2012

THanks atas sharenya…bener waspada berkendara penting dan menjaga emosi. Mmg terkadang suka emosi kalau ada yg nyalip. Dan buat yang klaksonnya gede biasanya anak club motor tuh ini bikin kaget loh,,,seketika jantung panas.

38. ali - 28/09/2012

Nice info..Syukur semua baik-baik aja bang.. Setuju keep safety riding wahai pengendara motor.. Kebijakan kita dijalan akan membuahkan kebahagiaan, sgt sedih sekali kalau tau keluarga kita sendiri yg kecelakaan…
Sy pernah ikut Honda acara edukasi safety riding, manfaat bgt untuk mengendara yg baik.. Ayo kalau ada acara itu ikutannn

39. [email protected] - 11/10/2012

Slm kenal gan,kalo brkendara hti2,jgn smpe di blakang pengendara cewek,lbih baik sgera di salip aj,atw di smpingnya aj,bda kalo yg di dpn kita cowok,kalo kita ingn mendahului.. memberi celah..tp kalo cewek,sak karepe dewe..

40. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30/10/2012

seharusnya sambil teriak…

GOBLOK LU!!! MAU MATI LU YA!!!

😆