jump to navigation

Tukang Siomay Pakai Jupiter Z, Mau Beli dah Ngacir Duluan September 7, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Umum , trackback

Pitc. ilustrasi

Jaman sudah berubah. Dulu,, ketika belum banyak sepeda ataupun sepeda motor, pedagang (tukang) siomay jualan dengan cara di pikul atau di dorong. Namun,, seiring dengan perkembangan zaman, semuanya mulai berubah.

Diawali dengan semakin boomingnya sepeda onthel, tukang siomay pun gak mau ketinggalan. Ikut menggunakan sepeda onthel untuk menunjang aktifitasnya. Apabila di pikul mungkin hanya bisa menjangkau 1-2 desa, menggunakan sepede onthel mungkin bisa 4-5 desa. Tentu dengan cara seperti ini jaringa konsumen semakin melebar.

Era selanjutnya adalah sepeda motor. Gak mau ketinggalan juga, tukang siomay pun ikut menggunakanya. Tentu pakai sepeda motor ada biaya tambahan untuk biaya membeli bbm. Akan tetapi, biaya itu mungkin sebanding dengan luasnya daerah yang bisa di cakup apabila menggunakan sepeda motor.

Sepeda motor tentu identik dengan kecepatan. Dengan menggunakan kendaraan, tukang siomay bisa mengejar misalnya ada 2 sekolah/pt yang waktu istirahatnya berlainan namun selisihnya mepet. Naaah,,, menggunakan sepede motor tentu bisa mengejar waktu agar bisa berjualan di dua tempat.

Dengan menggunakan sepeda motor tentu geraknya menjadi lebih cepat. Pernah suatu hari ada siomey keliling yang lewat di depan rumah saya menggunakan motor Jupiter Z. Baru mau manggil,, tukang siomeynya sudah ngacir duluan. Wkwkw,,, kurang asem. Tukang siomeynya ternyata demen becanda juga.

Namuun tidak semua tukang siomay jaman sekarang menggunakan sepeda motor. Masih ada juga yang menggunakan sepeda onthel. Seperti tukang siomay pink di bawah ini.

Eits,,, jangan ketawa dulu bro. Tukang siomey nyentrik ini ternyata bisa menjual daganganya hanya dalam waktu 2 jam dan mendapatkan uang Rp 2.000.000,-. Gaji bulanan orang kantoran tuh,, jadi tukang siomey aja yukk,,, wkwkwk (fikiran cetek jangan ditiru). Kalau gak percaya lihat di sini.

So,, semuanya pasti mengikuti perkembangan jaman. Dimana sepeda motor sangat membantu usaha-usaha kecil seperti ini. Banyak yang ngomong sepeda motor sumber masalah. Sumber kemacetan. Makanya harus di batasi. Tapi saya justru tidak setuju dengan pendapat ini. Justru dengan sepede motor rakyat kecil lebih leluasa bergerak. Yang tadinya gajinya habis buat biaya transport, dengan sepeda motor biaya itu bisa di tekan. Ekonomi arus bawah juga lebih cepat bergerak. Usaha kecil bisa dengan cepat berkembang.

Semoga bermanfaat…

Salam bloger ngapaks…

Baca juga

Comments»

1. erwinkrenbiz - 07/09/2012

ditempat ane juga banyak tukang cilok pake ninja 150rr tapi belum sempet mengabadikan,nanti kalo sempet ane share pic-nya.

2. Nichoz Ahmad - 07/09/2012

wow,,, ternyata beneran yah,,, sip bro…

3. erwinkrenbiz - 07/09/2012

kalo yang siomay yopink di pict ane pernah liat di tipi,dulu doi sukses punya lapak di senayan tapi bangkrut dan sekarang bangkit lagi dengan sepeda onthel yang ngejreng warna pink biar gampang diingat konsumen.
salut buat perjuangannya.

4. Nichoz Ahmad - 07/09/2012

Betul,, salut bgt dg perjuangan beliau,,, tidak gampang menyerah dengan keadaan… semangatnya patut di contoh kita-kita sebagai generasi muda…

5. frontdiskbrake - 08/09/2012

anak muda sekarang mah banyak gengsinya, jarang ada yg mau jualan seperti itu.

6. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 10/09/2012

anak muda mana mw jadi tukang siomay,…

7. Nichoz Ahmad - 10/09/2012

gengsi donk,, wkwkw

8. GMC - 07/09/2012

Lam kenal juga bro…

9. Nichoz Ahmad - 07/09/2012

sama-sama bro…

10. Nofgi - 07/09/2012

Dulu seingatku ada penjual pentol pakai motor Satria FU … Sangar iku …

http://nofgipiston.wordpress.com/2012/09/06/pantaskah-yamaha-byson-pakai-fairing/

11. Nichoz Ahmad - 07/09/2012

pentol panganan opo kui,, baru denger??

12. Nofgi - 07/09/2012

Kayak bakso mas, tapi dari tepung kanji, bukan dari daging …
Jajanan orang Jawa hehehe …

13. Nichoz Ahmad - 07/09/2012

ow,,, klo di tempat ane namanya cilok bro…

14. frontdiskbrake - 08/09/2012

seperti bakso, tapi cuma dikasih bumbu kacang dan kecap, mirip bakso pada siomay, disajikan dg cara ditusuk perbiji, kadang cuma dari tepung plus penyedap, tapi kadang juga ada yg dikasih urat ayam ato ikan laut yg dihaluskan.

15. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

betul,,, di jualnya di tusuk pake lidi,,, tpi sekarang kayanya dah mulai punah nh,,,,

16. iqie - 08/09/2012

pentol?wkwwk , nama nya cilok(aci di colok) pake lidi/tusuk sate, di kasih saos+kecap ,mantep bgt dah

17. MWDS - 08/09/2012

itulah bedanya orang awam dengan orang kaya…….!!!

kalau orang kaya pasti kalau motor mahal sayang banget kalau dibuat muat barang, touring, dll……!!!
kalau orang awam ya apapun motornya ya jelas dipakai entah buat cari rumput, dagang, rongsokan pun ada….!!! baik motor premium maupun segmented…….!!!

orang awam saja tidak masalah dengan hal seperti itu, kalau orang kaya……..???
kapan ya……..???

18. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

tukang somey buat nyari kerja bro,, tpi kalo org kaya buat jalan-jalan doang,,,

19. frontdiskbrake - 08/09/2012

bukan nyari kerja, tapi nyari penghasilan bos, lha emang udah kerjaan dia gitu.

20. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

hehe,,, yaaa,,,maksudnya itu…

21. MWDS - 08/09/2012

ada tambahan mas bro…..!!!

http://yudibatang.files.wordpress.com/2012/06/599208_3999276467592_902496167_n1.jpg

http://yudibatang.files.wordpress.com/2012/06/429203_190604687708743_100002776394039_226409_900121290_n.jpg

http://yudibatang.files.wordpress.com/2012/06/cbr-150r-y.jpg

22. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

Woow,,, kasian cbr ama nininya,,, harusnya buat boncengin cwe tuh,, xixixi

23. frontdiskbrake - 08/09/2012

sebelum bulan puasa kemarin sempat liat kawasaki blizt bermesin ganda di dekat jembatan pabelan muntilan.
Satunya mesin ori, satu lagi mesin jahit, dan dibelakangnya ada tulisan permak pakaian.
Sayang, waktu itu dianya belok berlainan arah denganku, ditambah ternyata hapeku ketinggal dirumah, jd gak bisa soto soto

24. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

sayang yah ninjanya,,, menurut saya kalau mau buat usaha kya gtu mendingan beli aja motor yang murahan aja,, vega zr, atau absolute revo,,, kan bsa lebih menghemat,,, hemat hagra motornya,, hemat konsumsi bbmnya…

25. yudha depp - 08/09/2012

mantap tu yang jualan
dapat beli ninja dengan hasil kerja keras keringat sendiri
maka jadi lucu kalau orang yang pecicilan naik bebek or matic
padahal tu motor di beli pake uang bokapnya
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/isyarat-kode-ketika-touring.html?m=1

26. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

betul,,, tpi sayang motornya,,, hrusnya yg buat jualan pake motor biasa aja,,,

27. yudha depp - 08/09/2012

motor biasa mungkin di kirim buat bininya
di kampung

28. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

mending bininya yg pake ninin wkwkwk

29. Gianluigi mario - 08/09/2012

canggihh .. siomay RR pasti keren 😛

30. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

penglaris,, wkwkwk

31. vixy182 - 08/09/2012

pernh liat di tv…semuanya serba pink sampe warung nya 🙂 tu yg pke speda pink …ajiibb

32. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

betul bro,, pernah masuk tv…

33. Service Regulator, Gak Mau Ribet Ganti Semua Komponen « Nichoz Blog - 08/09/2012

[…] Tukang siomay pakai jupiter Z, mau beli dah ngacir duluan […]

34. joko - 08/09/2012

di sini juga banyak yg jualan cendol pake APV, CRV, sedan, INNOVA, dll
sayangnya cuma terjadi pas puasa doang 😀

35. Nichoz Ahmad - 08/09/2012

orang kaya,, buat tambahan lebaran???,,, wkwkwk

36. Yoshi - 09/09/2012

Ternyata pantes juga ninja buat jualan siomay

37. Nichoz Ahmad - 09/09/2012

wkwkwk

38. polenkmerkesenk - 09/09/2012

Kemaren ane juga pake v-ixion punya abang buat ngojek[lg tukeran motor]. Biasa’y ane ngojek pke skydrive, truz vixion abang ane biasa dpke blanja sayur buat jualan. 😀

39. Nichoz Ahmad - 09/09/2012

wow kereen,,, tambah laris donk,,,

40. polenkmerkesenk - 09/09/2012

Alhamdulillah, yg pnting dapur ngebul perut gembul 😀

41. Nichoz Ahmad - 09/09/2012

Lanjutkan,,, yg penting halal,,,barokah…

42. Dalam Seminggu, Dua Motor Raib di Gondol Maling « Nichoz Blog - 09/09/2012

[…] Tukang siomay pakai jupiter Z, mau beli dah ngacir duluan […]