jump to navigation

Modifikasi Extreme Spedo Meter Jupiter MX Agustus 16, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif, Umum, Yamaha , trackback

Untuk urusan kelistrikan motor, temen saya yang satu ini jagonya. Setelah mengobrak-abrik lampu sein dan lampu belakang  di ganti dengan LED kini giliran spedo meter yang jadi target selanjutnya.

Spedo meter bawaan pabrik benar-benar di rombak abis. Yang di ambil hanya jarum dan ukuran km nya saja. Untuk tempat dudukan menggunakan PCB kosong yang di bentuk sesuai ukuran. Kemudian di lay out, di bentuk sedemikian rupa hingga jadilah seperti gambar di bawah ini.

Indikator-indikator yang tertera pada spedo meter ini pun lebih lengkap dari versi bawaan pabrik. Ada beberapa penambahan hasil kreasi tangan dingin temen saya ini. Berikut keterangannya.

  1. Indikator no 1 berfungsi untuk mendeteksi ada atau tidak adanya cairan radiator. Kalau indikator “E” = Entong (radiator habis) sedangkan “F” = Fenuh (air radiator penuh)
  2. Indikator no 2 berfungsi untuk mengetahui posisi gear.
  3. Indikator no 3 berfungsi sebagai tacho meter.
  4. Indikator no 4 berfungsi untuk mengetahui kapasitas Pertamax.
  5. Indikator no 5 berfungsi sebagai jam.
  6. Indikator no 6 berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin. “C” berarti Cool. “H” berarti Hot.
  7. Indikator no 7 ini semacam fitur SSS. Bedanya fitur ini hanya mematikan starter apabila standar samping di turunkan
  8. Indikator no 8 berfungsi sebagai pengganti angka dalam Km.

Kalau mesin sedang tidak menyala, terlihat banyak komponen kecil di sekitar indikator-indikator tadi.

Motornya sendiri juga lumayan banyak yang di modif. Tapi sayang ga dapet ijin untuk ambil gambarnya. Untuk sementara ini saja dulu. Ow iya,,, kalau ada kesalahan atau sesuatu yang kurang pemilik harap mengoreksi hee..

Gimana masbro… berminat ???? Silakan Bikin sendiri…. wkwkw…

Salam bloger ngapaks…

Baca juga..

Comments»

1. axo92 - 16/08/2012

😯
kerenn,…. canggih.
sayang PCBnya nggak disablon, jadi kesannya kurang cakep dikit

2. Nichoz Ahmad - 16/08/2012

tpi klo nyala tetep cakep bro,,,, hehe,,,

bsa di pertimbangkan tuh,,,,

3. axo92 - 16/08/2012

iya sih.. :mrgreen:
paling nggak dicat/distiker polos gitu.. 😕
jadi nggak keliatan polos coklat gitu

4. Nichoz Ahmad - 16/08/2012

mungkin pemilik sengaja untuk memberikan kesan buatan tangan,,,?? hee

5. kharis27 - 17/08/2012

mantaf gan ,.,,. unik .,,,. ga kalah sama spedo digital :mrgreen:

http://kharis27.wordpress.com/2012/08/17/aksi-extrem-di-udara-red-bull-x-fighters-di-monaco/

6. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

sudah masuk semi digital belum ni bro,,, hee

7. brigade jalan raya - 17/08/2012

Bengkelnya dimana nih. Ga boleh dipromosikan ya 🙂

8. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

ga punya bengkel bro,,, cuma iseng 2 klo pas lagi libur,,, temen ane emng klo lburan emg utak atiknya kya gni….

9. Ari CX Rider - 17/08/2012

wuih . Masih prototipe neh?

10. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

betul bro masih prototipe,, tpi kebelakangnya kyana g di jual sehh…

11. MWDS - 17/08/2012

kenapa enggak pakai spedonya CS1………???

sudah lengkap dengan fitur di spedo hanya minus di jam………!!!

12. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

kalau mau mending pake koso aja bro,,, jelas lbih bgus,,,
kyanya biar ada nilai seninya nih…

13. yudha depp - 17/08/2012

meriiah ooii seperti lampu disco
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/yamaha-ray-125-si-matic-cantik.html?m=1

14. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

wkwkwk,,, untung ga full music

15. vixy182 - 17/08/2012

kreatif juga…. Cuman usul nih….jarum nya kalo bisa nyala bakal keliatan tambah bagus tuh sepertinya lagi… 🙂 vixy182.wordpress.com/2012/08/16/pengujian-konsumsi-bbm-vixion-pada-kecepatan-60kmh-part-2/

16. Nichoz Ahmad - 17/08/2012

wah,,, usul bgus tuh,,, tpi pake apa bro,,,???

17. bagas29ps - 17/08/2012

Kreatif bro, namun kurang rapih aja..hehe
http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/17/tes-konsumsi-bbm-si-piksen/

18. Nichoz Ahmad - 26/08/2012

hehe,,, maklum buatan tangan,,,

19. gasspoll83 - 18/08/2012

Wow keren koso made in indonesia, keep up the good work

20. Nichoz Ahmad - 26/08/2012

sip bro,,,

21. redbike92 - 18/08/2012

wah keren
lho kok spedonya gak sekalian didigitalin sekalian
biar kayak Epyu 😀

22. Nichoz Ahmad - 26/08/2012

mending koso kyanya bro…

23. lanangbagus - 18/08/2012

Kreatif…

24. Roy (Ducati Wannabe - Trellis Edition) - 23/08/2012

pengen tachometer…
kalo spidonya kekx gimanaaaaa gitu…

25. Nichoz Ahmad - 26/08/2012

beli aja bro,,, urah ko,,, cma 50000 anklo gak salah..

26. Anonim - 08/09/2012

mantap ya bro… kreatif … sukses selalu ya broo

27. tri sutrisno - 17/11/2012

keren,,,mantap idenya,,,kolo bli jadi ada g??
kira”abis berapa gan??

28. Anonim - 22/12/2012

bagus bisa ngak kalau saya beli di antar k tempat gan