jump to navigation

Di Jalan Bergelombang Yamaha Xeon Bunyi Cekrek-Cekrek Juli 20, 2012

Posted by nichoz in : Otomotif, Yamaha , trackback

Dah hampir 2 bulan motor saya gak enak banget. Bukan karena gak nyaman di tunggangi, atau gak nyaman akselerasinnya, tapi gak nyaman karena ada bunyi cekrak-cekrak ketika melibas jalan yang bergelombang. Suara pun semakin keras ketikan di pakai untuk berboncengan atau roda belakang menghantam jalan berlubang.

Dalam keadaan di standar tengah, saya coba mencari sumber suara. Saya genjot motor sekuat tenaga,, namun suara tetap gak keluar juga. Namun ketika di bawa jalan lagi, suara cekrak-cekrak kembali timbul ketika melibas jalan bergelombang maupun berlubang.

Karena sudah mulai gak nyaman dengan suara tersebut, akhirnnya saya putuskan untuk di bawa ke beres saja. Sebelum keberes, saya mencoba menganalisa sumber suara berasal. Kalau gak berasal dari shok beker ya dari as roda. Analisa terparah paling berasal dari mesin. Ini yang saya takutkan.

Kebetulan saya pernah membaca buku tentang otomotif dengan gejala yang sama. Namun motor lain, yaitu Yamaha Mio. Di buku tersebut di sebutkan kalau suara seperti itu berasal dari as roda belakang.

Sesampainnya di bengkel saya utarakan keluhan-keluhan tadi. Seketika itu juga montir langsung mencoba. Baru keluar bengkel, suara “krak” sudah keluar ketika melewati batas lantai. Bro montir langsung puter balik,, di analisa dengan temannya. Gak tau apa yang mereka obrolkan, kemudian mereka mengetes lagi namun kali ini mereka berboncengan. Dan “krak” suara itu muncul lagi ketika melewati batas lantai.

Puter balik lagi, dan di analisa lagi. Setelah selesai menganalisa, mereka memanggil saya. Mendekekatlah saya. Hasil analisa mereka, suara berasal dari kick starter (wheheh,,, tebakan saya salah semua bro0). Untuk memastikan suara berasal dari kick starter, montir lalu melepas kick starternya. Kemudian motor di coba lagi. Dan benar bro,, setelah kick starter di lepas suara “krak” sudah gak ada lagi.

Bro montir bilang, kalau suara itu timbul karena per nya sudah mulai lemah.   Berikut gambarnnya bro..

Per yang mulai lemah di tunjukkan oleh tanda panah. Kata bro montir, harusnnya per tersebut di ganti. Berhubung partnya sedang kosong akhirnnya di pasang lagi saja. Hmm yoes lah bro,,, kayannya harus di bawa ke beres yang lebih besar nih.

Sebelum menyelesaikan tugasnnya bro montir sempet menawarkan agar kick starternya tidak usah di pasang. Tapi saya menolak,, takutnnya ntar mogor kan bisa berabeh.  Setelah semua terpasang, Motor di coba lagi. Setelah melewati batas lantai (seperti pas ngetes di awal) suara “krek” sudah gak ada lagi. Namun saya mengira, suara itu tidak timbul karena montir sendirian (gak boncengan).

Yoes,,, setelah membayar biaya bongkar,, motor saya bawa pulang lagi. disini ni bro, ada yang lain. Suara “cekrak-cekrak” sudah gak timbul lagi walaupun di gunakan untuk melibas jalan berlubang. Masih belum percaya, sampai rumah saya mengajak seseorang untuk mengetes lagi dengan cara berboncengan. Motor saya bawa melewati jalan yang berlubang. Lagi-lagi suara “krek” nya sudah gak ada.

Baru dah bro,, saya percaya kalau suara tersebut benar-benar hilang. Gak jadi di bawa ke bengkel lagi dah. Tapi saya masih heran ,,ko bisa yah suara tersebut ilang. Padahal kan part yang rusak tidak di ganti. Atau jangan-jangan bro montir diam-diam mengotak-atik. Hmm,, gak tau,, yang penting sekarang motor dah angles lagi.. Mungkin masbro sekalian ada yang tau???

Ow iya bro,, pada saat rumah V-belt di buka, saya sempat memfoto kondisi v-belt nya bro. Ternyata terlihat masih sangat bagus (seperti baru). Padahal motor sudah menginjak lebih dari 10.000 km. berikut fotonnya :

Demikian mas bro,,, Semoga Bermanfaat,,,

Salam Bloger ngapaks,,,

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa..

Comments»

1. MWDS - 20/07/2012

wah ternyata analisaku meleset ternyata, karena cekrak memang kalau tidak salah berasal dari situ, kalau bukan mesin ya shock, tapi kadang juga kicknya mas bro……….!!!

kemaren ane pake beat kok bunyi cekrak, eh ternyata temenku salah injak, bukan swing arm melainkan kick sterternya………!!! 😀

2. sinbe - 20/07/2012

Matic emang unik ya problemnya. :mrgreen:

3. Nichoz Ahmad - 20/07/2012

@mwds,,, hhehehe,,, iya masbro,,, sya juga ketipu,,, kirain shok bekernnya,,, tp untunglah,,, yg rusak bukan mesinnya,,,
hehe,,, klo ini sbelum di service, di bawa sendiri juga kdang bunyi bro,,, cma klo d bwa boncengan tambah kenceng bunyinnya.

@sinbe,,, wkwkwk,,, kemaren masalah gas berat baliik lagi sendiri,,, sekarang ini,,, wkwk,,, yg penting mesnya gpp…

4. thole - 21/07/2012

cekrak cekrak, bunyi senggolan antara gigi pinion kick starter dgn gigi pinion puli ,mungkin kmrn waktu dibongkar, per/pegasnya di olor2, jadi keras lagi

5. caez - 21/07/2012

problem yg mirip dengan ane gan, cman kalau xeon ane suara “cekrak”nya ilang ndiri…..bingung mode:on

6. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@thole,,, keliatannya si di bersiin doang bro.. tpi gak tau kalau diolor2,,, coz,, saya liatnnya dri jauh,,,
@caez,,, klo buat boncengan ya bro,,, tu palng kick staternya ke injek kli bro,,,

7. nubi - 21/07/2012

Wah kalo saya belum pernah nemu kejadian kayak gitu padahal Xeon saya seminggu 2x PP Solo – Semarang. Jalan banyak lubang, tambalan dll tapi nyaman aja kok sampai sekarang

8. Ari CX Rider - 21/07/2012

salah dugaan
yg penting bukan sektor mesin

9. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@nubi,, mantep motornnya bro,,, punya saya juga jga belum lama.. mudah2han si gk kambuh lgi,,, g enk bgt..
@ari cx,,, betul bro,,, yg sya tkutkan gk terjadi…

10. icaqnpritha - 22/07/2012

u ngetesnya lg. dlm keadaan mesin hidup (berhenti), kick starter diinjek pasti bunyi kreeek.
untungnya bukan masalah berat bro…

btw sampeyan ex karyawan YIMM? kpn n bagian apa bro?

11. Nichoz Ahmad - 22/07/2012

@icaq,,, xixixi ya jelas lah bro…
thun 2007-2011 bro,,, bagiannya ??? ad deeh… pokoknnya gedung 11 bro. bsa di kira2 dari press, welding, painting steel, assy, sub assy, painting plastik… hehhehe

12. icaqnpritha - 22/07/2012

asem…#11 kan plng bnyk bagiane. skrng kerja di mana bro?

13. Nichoz Ahmad - 22/07/2012

@icaq,,, hehehe,,, kemaren sempet krja di showa,,, skarang ??? ada deehhh,,, hihihi,,, kaboooor..

14. Nichoz Ahmad - 22/07/2012

btw,,, bro icaq pernah di Yimm juga???

15. icaqnpritha - 25/07/2012

aku masih di yimm bro…tinggal di pupar. pasti tau kan? hehehe

16. Akhirnya Kick Stater Pun Dilepas « Nichoz Blog - 10/11/2012

[…] masbro, bukan agar dibilang motor canggih. Masih ingat artikel saya yang satu ini (lihat disini). Disitu di ceritakan kalau motor saya itu bunyi cekrek-cekrek ketika melibas jalan yang tidak rata […]

17. Yonas Sono - 16/10/2013

kasusnya sama dg xeon ane, gak ada solusi dari bengkel jadi ane copot trus simpan di bagasi jok, dipasang kalau perlu aja.

18. Chicco El Zavero - 08/01/2014

bro saya juga ngalamin nih broo. gara gara di copot buat nge chrome cvt yg ada kick starter ga bisa fungsi kembali. apa di beres bisa pasangnya bro?

19. LaeTogang - 29/12/2015

ane di mio smile malah di lepas kick staternya makin bunyi krek krek kalau ada jalan bergelombang, sambil jalan berdiri di genjot gak ada bunyi…
Waktu masih pakai shock belakang bawaannya, suara krek-krek jarang sekali terdengar. Begitu ganti shock belakang x-ride..suaranya makin terdengar sering bro.
Sekalian mau service di bagian mounting, bearing sebelah kiri samping std samping udah mulai oblak.
Koyak kantong …..