jump to navigation

Bunyikan Klakson Kuat-Kuat Saat Mesin Kendaraan Mati Di Atas Rel Kereta Api Juli 20, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif, Safety riding , trackback

 

Sekedar share saja,, siapa tau ada yang belum tau. Barusan saya mendapatkan info ini dari salah satu Fane Page di Facebook. Berikut kutipannya:

 

Tadi pagi saat berangkat kerja seperti biasa jam 07.00 ke arah roxy lewat
kolong jembatan yang baru, saya melewati rel kereta api. Eh… saat melintas, mesin mobil saya tiba-tiba mati, sudah mau melintas rel tepatnya, sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut…..


Ternyata ada kereta api mau lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, walaupun masih jauh. Petugasnya terlambat membunyikan sirene..
Berdasarkan pengalaman, saya refleks bunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil. Di dalam mobil saya berusaha santai dan tenang.,saya bunyikan klakson terus. Eh…tiba-tiba tape mobil saya menyala. Saya kaget, kok bisa ya nyala sendiri ???

Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh… mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, “keluar…keluar. ..keluar !!” . Akhirnya selamat…!

Saya teringat ketika saya kuliah di Jerman, dan saya pernah baca buku ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit,berapa medan magnet yg di simpan rel itu..? dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak..jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.

Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Teman-teman tolong sebarkan info ini ya…karena banyak ditemui kecelakaan kereta api vs mobil/motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel KA!

 

Demikian masbro,,, Semoga bermanfaat…

Salam bloger ngapaks,,,

 

Sumber. Fane Page Ide Konyol

Comments»

1. zhe - 20/07/2012

1.

2. zhe - 20/07/2012

Siip ijin share pak de

3. biru - 20/07/2012

mbok ana palang pintu rel kang

4. nunk iman - 20/07/2012

mantab bro…
malah baru tahu nih, jika rel disambungin kabel kira kira bisa digunakan untuk listrik rumahan kagak ya? 🙂

5. Wyn klebet - 03/12/2012

Bisa aja masbrow

6. Nichoz Ahmad - 20/07/2012

@zhe,, silakan bro,,,
@biru,,, petugase ngantuk mbok,,, kelalen ra du tutup pintune,,, hehe
@nunk,,, xixixi,,, ada ada aja bri nunk iman,,,,

7. Rollerman - 20/07/2012

thanx for inspirasinya bro,sangat membantu

8. timbul - 20/07/2012

yang pernah saya baca malah begini mas, ketika mesin mati di atas rel begitu, akan susah untuk dihidupkan karena medan magnet itu, maka sebaiknya turun dari kendaraan dan dorong menjauh dari rel tersebut, baru coba untuk dinyalakan, pernah saya nemuin hal begitu, ibu2 bawa motor mesinnya mati di lintasan rel deket patal senayan, ibu tiu sepertinya coba nyalain beberapa kali nggak hidup, dari belakang rada saya dorong tanpa sepengetahuan beliau, dan alhamdulillah bisa hidup mesinnya…

9. Nichoz Ahmad - 20/07/2012

@rollerman,,, sip bro,,
@timbul,,, betul mas bro,, kalau motor mungkin bisa di dorong,,, tpi kalau mobil kan susah,,, alternatif lain mungkin bisa pakai cara ini,,, tpi kalau tetep ga bsa,, ya mending lari saja,,, nyawa lebih penting,,,

10. raya - 20/07/2012

ribet amat.. ketimbang ribut dan berisik, mending masukin gigi 1, lepas kopling, starter sampe mobil berjalan melintasi rel.

11. Nichoz Ahmad - 20/07/2012

@raya,,, kelistrikan kan mati smua bro,,,

12. MWDS - 20/07/2012

tapi kalau klaksonnya mati/akinya tekor bagaimana mas………???

13. Nichoz Ahmad - 20/07/2012

@mwds,,, lari bro,, menjauh dari tkp,,, lebih baik kehilangan kendaraan kita,, dripada kehilangan nyawa kita,,, toh kendaraan bsa di beli lgi klo punya uang. nyawa kan g ada yg jual…

14. MWDS - 20/07/2012

oke, terima kasih infonya………!!!

btw, kira” 8 tahun lalu mobil ortuku mogok di rel kereta api, tapi anehnya mobil n motor yang lewat pas mogoknya mobil ortuku kok enggak mogok ya………???
padahal sampai 10 mobil yang lewat tapi hanya mobil ortuku yang mogok………???

bisa bantu ada apa ya dengan mobilnya………???
(mobil ford th 1985, masih oke punya)

15. asdroid - 04/08/2012

mungkin magnetnya tu rel hanya bisa konek ke satu mobil bro, jadi gak ngaruh sama mobil yg lain. mungkin sama seperti beberapa orang yg gandengan tangan, kalo disetrum cuma satu orang yg merasakannya. cmiiw.

16. Nichoz Ahmad - 11/08/2012

@mwds,,, wah ane gak tau bro,, bukan ahlinya,,, hehe
@asdroid,,, bukanya kalau bergandengan yangan trus kesetrum yg gandengan itu merasakan semua???

17. axo92 - 21/07/2012

wah, baru tau.. ;-?
mantap bro infonya…

18. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@mwds,,, maaf masbro,, sya bukan ahlinnya,, info ini aja copas,,, hihihi,,,
@axo92,, sip bro,,,

19. melia - 21/07/2012

dahsyat,
trmks atas infonya

20. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@melia,,, sip sis,,,

21. gc133hijrah - 21/07/2012

makasi infonya… Ijin share ya kang…

22. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@gc113hijrah,,, monggo kang,,,

23. Thenovers - 21/07/2012

Apa iya sin..apa hubungane bunyi klakson kr medan magnet…apa ngaruh lah…

24. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@thenovesr,,, bsa jadi masbro,,, tpi di situ disebutkan spti itu,, tpi maaf ane g bsa jwab,, coz,, ane jga cma copas,,,

25. A chonx - 21/07/2012

wow,baru tahu bro,thx infonya!
ternyata frekuensi tinggi dapat memecah gelombang listrik dan medan magnet
ntar kalo lewat rel gw idupin terus klakson biar mesin gak mati

26. cah kedungpring - 21/07/2012

wow…….sepele tapi dahsyat…..

27. Nichoz Ahmad - 21/07/2012

@achong,,, hehe sip bro,,, boleh tu,,, xixixi
@cah kedungpring,,, betulllll,,,, kepriwe lemes ora?? hahaha

28. ariohendra - 22/07/2012

wah ngeri, berguna banget infonya, thanks

29. Motor AHO (Automatic Hand On) Di Bilang Katrok « Nichoz Blog - 26/07/2012

[…] Bunyikan klakson kuat-kuat saat mesin kendaraan mati di atas rel kereta api […]

30. joko - 02/08/2012

menurut logika saya nih,,sewaktu motor dijalankan otomatis RPM tinggi, begitu lewat rel biasanyaa pengendara suka tutup gas atau bahkan langsung ganti gigi rendah sambil ngerem, nah..perlakuan ini yg kadang bikin RPM jadi drop seketika dan mesin mati,,, tentunya banyak biker yg pernah ngebutttt trus mendadak tutup grip gas sambil menekan kopling, apa yg terjadi???kadang mesin mati lhoo..
kalo masalah medan magnet sih ane kurang tau..

31. Pembawa acara - 17/11/2012

seperti kata agnes monika mass. Cinta ini kadang-kadanga tak ada LOGIKA 😀

32. gogo - 08/08/2012

siip infonya, klakson emang multi talent..

33. Tono - 09/08/2012

26. joko – 2 Agustus 2012

menurut logika saya nih,,sewaktu motor dijalankan otomatis RPM tinggi, begitu lewat rel biasanyaa pengendara suka tutup gas atau bahkan langsung ganti gigi rendah sambil ngerem, nah..perlakuan ini yg kadang bikin RPM jadi drop seketika dan mesin mati,,, tentunya banyak biker yg pernah ngebutttt trus mendadak tutup grip gas sambil menekan kopling, apa yg terjadi???kadang mesin mati lhoo..
kalo masalah medan magnet sih ane kurang tau..

====================================================

bukan masalah Rpm ngedrop bro’, tapi soal kelistrikan yg mati, dan itu dipastikan dri medan magnet.

34. andy - 11/08/2012

sip .mks bro

35. Nichoz Ahmad - 11/08/2012

yoi bro,,, sma2,,

36. Nofgi - 11/08/2012

Wow, baru tahu saya soal itu.

http://nofgipiston.wordpress.com/2012/08/10/inden-untuk-suzuki-inazuma-sudah-dibuka-harga-46-juta/

37. Halimah - 18/08/2012

Nah kalau motor yang nggak dipasang klaksonnya kayak motor cb yang udah modif terus listrik nggak pake aki, itu gimana ya mas Bro?

38. Anonim - 02/11/2012

Untuk gue pake KODOK kalo mogok udah kelawat itu rel ….??

39. Dagadu - 05/12/2012

heran…hari gene masih ada yang percaya HOAX kaya gene…ngakunya terpelajar tapi gampang banged digoblokin…

40. duniamoslem - 08/04/2013

sangat bermanfaat

41. ipanase - 12/12/2013

info lawas, tapi rung tau njajal, monggo dicoba , amit2

42. ari - 12/12/2013

nice info gan

43. Alfred Crozby - 14/12/2014

benar seperti yang dikatakan author, ada penjelasan ilmiahnya itu disebut impedansi. Hambatan yg diakibatkan oleh gesekan rel dan kereta http://sains.me/1841/mengapa-mesin-mobil-yang-mati-di-rel-kereta-api-sulit-menyala-kembali.html/

44. Inilah Penjelasan PT KAI, Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel ( Penting ! Wajib Baca !! ) | Nichoz Blog - 13/12/2015

[…] Bunyikan Klakson Kuat-Kuat Saat Mesin Kendaraan Mati Di Atas Rel Kereta Api […]

45. Kak Mad (@kartusubaca) - 21/01/2016

Wah, asyik juga nich infonya. Bermanfaat banget. Baru tahu aku.Hehe… 😀 Mkasih ya admin infonya.