jump to navigation

Kesan-Kesan 10.000 Km Bersama Yamaha Xeon Juli 18, 2012

Posted by nichoz in : Otomotif, Yamaha , trackback

Gak terasa 10 bulan sudah bersama Yamaha Xeon. Beberapa hari yang lalu roda Yamaha Xeon sudah menggelinding sejauh 10.000 km. Banyak kesan-kesan yang didapat. Ada suka duka, puas kecewa, yang tentunya menghiasi di setiap jengkal perjalanan ini.

Pertama kali membetot gas terasa berbeda. Tarikan sangat halus dan enteng untuk ukuran Body yang sebesar itu. Maklum,, saya biasa pake motor bebek 110 cc.  Speed 90km/jam pun dapat diraih dengan cepat. Saking entengnnya tarikan,, ketika di gunakan untuk boncengan kadang kesannya sedang naik motor sendiri.Akselerasi atas bawah terasa merata. Kecuali setelah kecepatan 90 km/jam ke atas emang mulai terasa lebih berat.

Konsumsi BBm pun lumayan irit. Sekitar 41,65 km/L. Tapi Top Speed tidak secepat yang saya bayangkan. Mentok cuma 105 (lebih sedikit) km/jam. Agak kecewa sebenarnnya, karena dari beberapa artikel yang saya baca di internet ada yang sampai 120 km/jam. Namun pernah saya samakan dengan NMP punya teman saya. Jalan bareng,, ketika di spedo meter xeon baru 80 km/jam di NMP sudah 93 km/jam. Hmm,,, gak tau yang bener yang mana.

Ketika menginjak usia sekitar 4 bulan disinilah mulai timbul masalah. Pada waktu itu motor baru saja dibawa pulang kampung. Sampainnya di kampung motor masih OK. Namun sekembalinnya lagi ke Cikarang, ada yang terasa berbeda. Tarikan awal terasa lebih berat, suara mesin pun terasa lebih kasar. Pikiran saya langsung tertuju ke oli mesin.  Mungkin perjalanan jauh mengubah kekentalan oli mesin.

Langsung saja oli mesin saya ganti. Namun setelah oli di ganti,, keadaan masih sama. Besoknnya ketika ada waktu luang motor saya bawa ke beres. Saya jelaskan keluhan-keluhan itu kepada montir. Setelah beberapa kali di bawa ke beres (service ringan) akhirnnya ketemu juga masalahnnya. Ternyata settingan langsamnya berubah. Di settinglah putaran langsam menggunakan tachometer plus ganti busi sekalian.

Tarikan awal sudah ok bro. Namun untuk tarikan menengah (30-50 km/jam) masih terasa agak berat. Karena sudah males balik lagi ke beres akhirnya saya biarkan saja. Masih agak kecewa sebetulnya. Tapi mau gmana lagi. Keadaan seperti itu masih terus berlanjut sampai bulan ke 9. Pada bulan ke 9,, motor saya bawa lagi pulang kampung. Alangkah terkejutnnya bro,, sesampainnya di Kampung justru tarikan menengah kembali OK. Kembali lagi seperti dulu. Mungkin masbro sekalian ada yang bisa menjelaskan,, kenapa bisa seperti ini. Coz,, sampai sekarang saya masih belum tau penyebab pastinya.

Belum selesai masbro,,, masih ada masalah lagi yang mengganggu. Pada bulan ke 8 timbul suara “cekrak-Cekrak” di bagian belakang ketika melewati jalan yang tidak rata. Apalagi kalau ban belakang menghantam lubang. Suara “Cekrak-Cekrak” kedengaran sangat jelas. Sampai sekarang suara itu masih ada. Rencanannya besok akan saya bawa ke bengkel. Masih belum jelas, dari mana asal suara. Apakah dari shok beker atau dari AS roda. Semoga besok ketemu masalahnnya.

Ow iya masih ada yang ketinggalan,, pelek juga pernah DOWER bro xixixi . Memang waktu itu tekanan ban agak berkurang. Mungkin itu penyebabnnya. Kondisi lubang yang di hantam gimana?? Kurang tau bro,, soalnnya dowernnya bukan ama saya,, tapi waktu di pinjem temen. So,,, mau tanya lebih jauh gak enak.

Demikian suka duka 10.000 km bersama Yamaha Xeon. Sebetulnnya masih ada Keluhan dan juga kepuasan lain selama saya menggunakan motor ini. Berhubung waktu sudah malam,, yoes segini saja.

Semoga bermanfaat ,,,

Salam bloger ngapaks…

Comments»

1. Gianluigi mario - 18/07/2012

jos.. kapan2 pingin nyoba xeonnya boleh nggak ? 😛

2. Nichoz Ahmad - 18/07/2012

@gianlugi mario,,, boleh mas,,, main ke banyumas sini… hehehe

3. MWDS - 19/07/2012

menurut pendapatku

1 ada penunggu jalan di daerah situ sehingga mengganggu peformanya, tetapi jika kembali lagi ke tempat semula ya normal kembali motornya karena penunggunya sudah terbiasa dengan ridernya
2 masalah “cekrak” mungkin pada settingan mesin, shock keras, v-belt harus ganti
3 kurang tepat memilih motor, kadang ada yang bilang maknyus n ada yang bilang ancur

*jika bukan ya masih belum diketahui masalahnya, atau karena takdir kali mas……….!!! 😀

4. indaran - 19/07/2012

hehe..lucu jg ya, ada masalah sepulang dari kampung, dan masalah hilang setelah pergi lg ke kampung ..
:mrgreen:
mgk ada sesuatu/kotoran menghalangi jalur udara atau bbm..dan hilang setelah motor dijalankan nonstop kecepatan lumayan tinggi terus menerus.. tipikal pulang kampung. Kenapa gak hilang waktu pertama pulamg da ri kampung?..gak tahu hehe, makanya ‘lucu’.
Namun, xeon memang enak larinya..sy sendiri kaget pertama mengendarainya. Di satu ruas jalan sepi, kebetulan disusul group bbrp matik campuran yg lagi flat out, penasaran dgn kemampuan xeon, sy bergabung dlm rombongan tsb, dan..disitu xeon ternyata masih mampu lebih cepat. Ya udah, gantung RPM dan jaga momentum inersia, xeon perlahan2 meninggalkan rombongan..unbelieveable 🙂

5. Aa Ikhwan - 19/07/2012

sip ajib,..ane jg pernah coba punya sodara tp entah kenapa ada getaran yg cukup terasa di bagian depan (setang) blm tau asalnya dr mana,..mesin barangkali 😀

http://aaikhwan.wordpress.com/2012/02/06/nyoba-yamaha-xeon/

6. Nichoz Ahmad - 19/07/2012

@mwds,,,, 1. hehehe,, penunggu yang mana tuh,,, 2. udah ktemu masalahnnya mas bro,,, klo ada waktu saya tulis artikel tersendiri. 3. hehehe,,, sudah dipertimbangkan secara matang,,, jtuhnya ke ini bro..

@indaran,,, waktu pulang kampung yang pertama belom bro,,, sip,,, saya juga puas dg performannya.

@aa,,, wah klo sudah sperti itu,, kyannya getaran emg dari mesin tuh,,, alhamdulillah punya saya masih ok,,, liat spion masih jelas,,, untuk shok beker xeon emang keras,, apalagi yang belakang,,, mungkin emg udah karakter motor yamaha,,,

7. sinbe - 19/07/2012

Makin sayang apa udah jenuh ama si xeon nih bro?
#oia kalo mw tune up si xeon biar napas atasnya ga berat di purwokerto ada tmpt yg bgus, dr sri ratu ke utara 500m timur jalan namanya bengkel Pit Stop. 😉

8. z1rider - 19/07/2012

Speedonya lumayan akurat ya brarti ?

9. Nichoz Ahmad - 19/07/2012

@sinbe,,, hehe,,, masih sayang bro,,,
sip ,,thanks infonnya,,, tpi sekarang kyannya belum perlu…

10. Nichoz Ahmad - 19/07/2012

@Z1rider,,, mungkn bro,,, tpi belum pernah di tes pake gps…

11. yudha depp - 19/07/2012

wah kalau maticku SPIN
berbeda merk tapi ber cc sama
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/07/motor-terbaik-di-saat-tua.html?m=1

12. nubi - 19/07/2012

xeon saya sudah 48.010 km, Om
hehehe…

13. harta - 19/07/2012

vartec 125 jawabannya bro..

14. Nichoz Ahmad - 19/07/2012

@yudha,,, kecil tapi 125 ya bro,,,
@nubi,,, mantaaap,,,, dah berapa tahun tu bro…
@harta,,,, dulu pas beli xeon ,vartech belum keluar bro,,, skarang mau di jual sayaaaaaanggg.

15. nubi - 19/07/2012

@Nichoz Ahmad
Bulan ini Xeon saya pas 2 tahun, barusan pajak 2 minggu yg lalu

16. kenthoet - 19/07/2012

kalo bleh tau xeonnya minumnya apa mas bro?? pertamax ato keduax eh premium mksud e?? :mrgreen:

17. Nichoz Ahmad - 19/07/2012

@nubi,,, nubi,,, bushet dah,,, jam terbangnnya tinggi bgt,,,
@kenthoet,,, dulu pas baru beli ni motor sampai harga pertamax masih di bawah 9000 pake pertamax terus bro,,, tpi sejak pertamax naik di atas 9000 campur campur bro,,, hehehe,,,

18. panjiislamipanji - 17/02/2013

untuk bunyi krek2 itu dari engsel kaki yg ngidupin mesin lewat sela kaki,, itu pernya dah kendor. jd lebih baik ganti per atau copot engsel kakinya.

19. wick - 25/02/2013

Xeon ane dh 20rb lbih nih bro … suka bgt ane ama nih mtor …
Dh ane cb tarikan ama new vario 125,soalnya ane jg punya tuh mtor …gak trkejar ane…hehe …shogun sp jg lewat…
Mo nanya nih bro,,bs gak body depan xeon rc dpake in di xeon lawas ?? Ane suka body barunya …