jump to navigation

Periode Penggatian Spare Part Juli 2, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif , trackback

 

Beberapa hari yang lalu,, saya baru saja melakukan service rutin. Berangkat dari rumah jam 06.30 ,sampailah di beres pukul 07.30. Lho kok mau service aja pagi banget???? Kalau saya,, lebih baik sampai di beres pukul 07.30 tapi pulang pukul 09.00,, Dari padaberangkat pukul 08.00 tapi pulang jam 14.00.

Alhamdulillah,, nyampe di sana beres masih sepi. Cuma ada beberapa karyawan yang sedang menata ruangan bengkel. Langsung saja saya mengambil no urut,,, dapet no 1 bro. Asyeek,,, ga sia-sia dateng pagi-pagi.

 

Sambil menunggu mootor di service, saya mencoba lihat-lihat seisi bengkel. Hampir 1/2 ruangan bengkel ternyata di gunakan untuk parkir motor baru yang siap di jual. Setiap motor di tata menurut tipe dan nama motor dengan rapi.

 

Di sebelah parkir motor baru, di depan pintu masuk,, di sini tempat pendaftaran service motor. Di belakangnya terdapat ruang tunggu br ac. Sedangkan di sebelah kirinya terdapat ruang tunggu biasa.

 

Naahh,,, ketika sedang melihat-lihat di sekitar ruang tunggu biasa,, saya menemukan papan yang berisi tabel periode penggantiah spare part. Di sini terlihat setiap spare part mempunyai periode penggantian (dalam km) dan effek yang di timbulkan apabila spare part tersebut tidak di ganti. Berikut saya jabarkan isi tabel di atas,,

  1. Busi… diganti setiap 6000 km dan kelipatannya. Efek yang terjadi apabila tidak segera di ganti,,, performa dan tenaga mesin menurun,, mesin cepat panas , boros bahan bakar.
  2. Filter oli,,, Di ganti setiap 9000 km dan kelipatannya,,, effek yang terjadi apabila tidak segera di ganti,,pelumasan mesin tidak optimal, sehingga komponen mesin jadi cepat aus.Kualitas oli turun sehingga mesin mudah panas.
  3. Filter udara,,, Di ganti setiap 9000 km dan kelipatannya. Effek yang terjadi apabila tidak di ganti. Bahan bakar boros, performa dan tenaga turun,debu masuk ke ruang bakar,, menimbulkan suara kasar sehingga komponen mesin mudah aus/rusak.
  4. Kampas rem,,, di ganti setiap12000 km dan kelipatannya. Effek yang terjadi apabila tidak di ganti,,,Piringan cakram/tromol aus,,timbul suara berderit,, kualitas pengereman berkurang.
  5. Gear dan rantai,,, di ganti setiap 15000 km dan kelipatannya, Effek yang terjadi apabila tidak di ganti. Bahan bakar boros. Performa dan tenaga mesin turun.Timbul suara kasar. Rantai bisa putus,, yang bisa menimbulkan kecelakaan.
  6. Roller,,, di ganti setiap 24.000 km dan kelipatannya. Effek yang di timbulkan apabila tidak di ganti…Bahan bakar boros. Performa dan tenaga turun.Timbul suara noise.
  7. Kampas kopling,,, diganti setiap 24.000 km dan kelipatannya. Effek yang terjadi apabila tidak di ganti.Bahan bakar boros. Saat akselerasi tenaga kurang. Timbul panas berlebih.
  8. V-belt.. di ganti setiap 25.000 dan kelipatannya. Effek yang terjadi apabila tidak di ganti. Bahan bakar boros,, performa dan tenaga turun. timbul suara kasar. v belt bisa putus.

Tapi,, tabel di atas jangan di jadikan patokan penuh penggantian spare part. Coz,, pasti ada udang di balik rempeyek dari pihak bengkel, yaitu dari sisi profit bengkel. Biar spare part laris,, profit bengkel pun naik. Sebagai pemilik motor kita pasti tau gejala-gejala kurang enak yang terjadi pada motor kita. Apabila tidak tahu,, lebih baik tanyakan kepada yang lebih tau sebelum penggantian spare part,, agar nantinya tidak sia-sia. Mungkin maksud bengkel juga baik,,, yaitu agar performa mesin selalu fit.

 

Demikian mas bro,, semoga bermanfaat,, mohon koreksinya apabila ada yang salah.

Salam bloger ngapaks…

 

Kritik saran [email protected]

Comments»

1. gasfuel - 02/07/2012

tergantung sikon dan medan yg kita lewati juga bro,
kalau saya air filter setiap 4rb-5rb sudah saya ganti, filter oli ganti setiap ganti oli.
soale medan yg dilewati lumayan banyak debunya

2. Nichoz Ahmad - 02/07/2012

Kya gtu jga mantep bro,,, malah motor selalu fit…

3. nunk iman - 02/07/2012

wah kalo ngikutin itu jadi boros ya?????
tergantung kondisi aja lebih enak. 🙂

4. Nofgi - 02/07/2012

Manteb gan infonya …

http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/02/apa-anggapan-brother-tentang-motor-kalian/

5. Nichoz Ahmad - 02/07/2012

@nunk iman,,, betul bro,,, saya sudah cek di user manual,,, ternyata ga secepat itu harus di ganti,,, biasa lah,,, biar cpet gnti spare part,,, biar laku,,,
@nofgi,,, sip bro,,,

6. Gogo - 03/07/2012

sip, trkdang dilapangan berbeda ama dikertas. kampas kopling minta ganti dluan ketimbang gerset.

7. Nichoz Ahmad - 03/07/2012

@gogo,,, betul mas bro,,, tergantung pemakaian saja,,, toh klo motor sering dipake deg jam terbang tinggi pasti cpet minta gnti spare part…

8. Anonim - 28/01/2013

apa benar klau tarikan’x kadang suka macet itu gara2 V-belt’x harus diganti ???

yg tau berikan jawaban’x yah..

9. rempeyek enak - 16/10/2014

rempeyek enak

Periode Penggatian Spare Part | Nichoz Blog