jump to navigation

Solusi Cerdas,,, Siasati DP Tinggi Dengan Kredit Syariah dan Cicilan DP Juni 28, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif , trackback

Memang, ide kreatif kadang muncul saat keadaan terjepit. Seperti yang terjadi di industri otomotif saat ini. Dimana pemerintah menaikkan DP (Down Payment) minimal sebesar 30 % untuk mobil dan 25% untuk motor. Tentunya ini sangat menyulitkan bagi produsen otomotif, khususnya sepeda motor. Sedangkan untuk penjualan mobil sepertinya tidak berpengaruh terlalu besar. Soalnya Pembeli mobil umumnya orang yang benar-benar sudah mapan dalam hal finansial.

 

Lain dengan mobil,, pembeli sepeda motor umumnya adalah masyarakat menegah ke bawah. Yang tentunya sangat diberatkan dengan adanya kenaikan dp menjadi 25 %. Namun,,, Produsen motor dan perusahaan leasing tentunya tidak kehilangan akal bro.. Mereka menyiasatinya dengan kredit motor syariah dan Cicilan DP.

 

Hmmm,,, benar-benar solusi cerdas. Ternyata kredit syariah tidak terkena aturan dp 25 %,, masih 15 %. Tentunya selisih 10 % sangat membantu meringankan pembelian secara kredit. Pada dasarnya sistem kredit syariah menggunakan basis hukum syariah islam. Terkait asuransi,,, pihak leasing juga akan mengembalikan sejumlah uang pada konsumen kalau tidak ada klaim. Waaah,,, lumayan.

 

Cara yang kedua yaitu disiasati dengan cicilan dp. What??? Dp dicicil??? Yup betul bro,,, Caranya konsumen mencicil dulu DP. Bila DP sudah terlunasi, konsumen baru bisa menerima motor. Mantaap,,, emang sih ga beda jauh dengan sistim lama. Bedanya konsumen harus bersabar, sampai dp telah mencapai 25 % dari harga motor. Tapi gak tau bro,,, apakah dua solusi tersebut sudah direalisasikan. Ada yang tau???

 

Demikian masbro,,, semoga bermanfaat…

Salam bloger ngapaks,,

 

Kritik saran [email protected]

 

 

 

 

 

Comments»

1. Kelana 97 - 29/06/2012

Saat sekarang lagi lihat perkembangan efek surat edaran BI. Kayaknya untuk bulan mendatang baru bisa sedikit beropini.

2. Nichoz Ahmad - 29/06/2012

@sip masbro kelana 97,,, kita tunggu,,

3. Mas Huda - 29/06/2012

wew… mencicil DP keren juga ya

4. ivank - 29/06/2012

syariah mantab bro…
Dulu ane jg mau kredit byson via BPRS Alsalaam(syariah),angsuran nya murah bgt bro…
DP 4 JT angsuran 647 rb 35 bln,kalo leasing konvensional DP 4 JT angsuran 876 rb 33 bln.ayo d kalkulasi….
Tp sayang ane g jadi,soalnya dulu indentnya lebih lama dr pd yg leasing,jd ane ambil yg lebih cepet bro.
Salam kenal…

5. Motoroda - 29/06/2012

Syariah lebih menguntungkan. lebih berkah.

6. superior_red - 29/06/2012

kalo ane ngambil mongtor kemaren lewat CU (Credit Union),ato koperasi simpan pinjam istilah Indonesianya,malah gak pake DP,begitu ngajukan dan disetujui,langsung dibayarkan CU motornya dan diantar kerumah,nah bunga cicilan ke CUnya 2% menurun,maksud menurun disini bunga perbulannya dihitung dari sisa pinjaman kita 🙂

7. cak poer - 29/06/2012

betul bgt mas bro, kemarin kebetulan habis ngambil BPKB di leasing FIF, sekalian tanya2 mengenai fasilitas kredit motor syariah.

Ternyata emang benar bagi calon konsumen yg keberatan dgn dp min 25% maka proses leasingnya akan diarahkan ke FIF syariah, padahal sebelum ada peraturan baru dari BI, FIF Syariah ini sempat mati suri si tempat ane, eh sekarang malah lg gencar2nya promo (lihat aja sekarang spanduknya ada dimana-mana).

so apa sih yg ga bisa diakalin di Indonesia xixixixi 😀

8. gilangkharisma - 29/06/2012

berkah buat leasing syariah (emang ada leasing yg sesuai syariah? :mrgreen:)

mampir sini dulu kang…. http://soccerbit.com/

9. Nichoz Ahmad - 29/06/2012

@all,,, sip mas bro setuju,,,

10. c33b - 01/07/2012

akal bulus ala indonesia,
sebenernya apa sudah ada yg bener-bener syariah?ane liat belum tu…cuma lebih ringan tp belum 100% syariah

11. SUBIYANTO - 25/12/2012

Kebijakan pemerintah,menaikkan dp 25% pd thn 2013,di rasa krg efektif karna akan berdampak pd pertumbuhan ekonomi nantinya.Bagi yg blm memiliki kndaraan bermotor terutama sepeda motor akan berfkr 1000 x tuk bisa memiliki motor.Jika dealer melakukan promo akhir thn adlh hal wjr,drpd stok tersisa.Coba bayangkan jika dp di ats 2 juta gmana mendptkannya?.DP 500 atw 1 jt sdh cukup bwt yg berpnghsln kcl.APAKAH INI DAMPAK KEMACETAN YG MELANDA IBUKOTA,Hingga menaikkan dp?

12. SUBIYANTO - 25/12/2012

Dp syariah?tdk mungkin d berlakukan d indonesia,emang perusahaan leasing mau rugi?