jump to navigation

Ban Ketusuk Paku 1 mm Bisa Tahan Berhari-hari… Juni 25, 2012

Posted by nichoz in : Lain-lain, Otomotif , trackback

Gambar

Beberapa minggu yang lalu, kejadian apes menimpa saya. Ketika semua perlengkapan sudah di pakai ( helm, jaket, sarung tangan) saya dorong motor keluar rumah. Namun ada yang aneh,,, motor terasa berat saat di dorong. Seketika itu juga mata saya tertuju pada ban belakang,,, yaahhhh,,, ternyata geboz bro.. Gagal deh acaranya.

Dengan perasaan kesal saya lepas kembali perlengkapan yang sudah terlanjur di pakai. Saya standar tengah motor, kemudian saya coba mencari sumber kebocoran. Saya putar-putar ban berkali-kali tidak juga menemukan paku yang menancap di ban. Masih kurang yakin,,, saya ambil senter. Sambil di terangi cahaya senter, ban saya putar-putar kembali. Namun percuma bro,,, ternyata tidak ada paku yang menancap di ban. Karena waktu sudah malam akhirnya saya putuskan besok saja menambal bannya.

Besoknya, selepas pulang kerja, motor langsung saya bawa ke tempat tambal ban. Karena yakin ga ada paku yang menancap, saya coba dengan mengisi angin dulu. Saya tunggu beberapa saat, ternyata tidak terlihat adanya kebocoran. Yoes,,, akhirnya motor saya bawa pulang lagi. Di jalan beberapa kali saya berhenti,, pencet-pencet ban,, siapa tau bocor lagi,,, ternyata ga bro…

Sampai hari ke 4,5,6 ga ada masalah bro. Namun pada hari ke 7 ban mulai terlihat kempes. Tanpa pikir panjang,, langsung saya bawa ke tambal ban untuk di isi angin doang. Semakin hari,, ban semakin cepat kempesnya. Puncaknya baru 2 hari diisi angin dah kempes lagi. Hmmm,,, kayanya bocor alus nih,,, akhirnya langsung saja saya konsultasikan ke tukang tambal ban.

Sampai di tukang tambal ban saya ceritakan kronologisnya. Tukang tambal ban Cuma bilang “ sekarang gini aja,, di pompa lagi aja dulu,, besok kalo kempes lagi,, baru saya buka,,  kemungkinan bocor alus tuh”. Gitu bro kata tukang tambal bannya. Kebetulan saya juga mau ada acara,, akhirnya manut saja.

Keesokan harinya, 2 hari setelah ban diisi angin,, ban kembali kempes. Langsung saja bro,, saya bawa motor ke tukang tambal ban yang kemaren. Setelah motor di standar tengah, mulailah lek yanto bekerja. Menggunakan kain bekas yang diletakkan diujung linggis, ban luar di conkel dengan sangat hati-hati. Kemudian ban dalam dikeluarkan,, dan di isi angin.

Setelah ban dalam diisi angin, alangkah terkejutnya saya bro,, ternyata bukan bocor alus lagi,,, tapi dah termasuk bocor gede. Hmmm,,, sambil geleng-geleng saya tanyakan ke lek Yanto “ ko bisa lek,,, bocor segede itu bisa tahan berhari-hari”. Kata lek Yanto karena posisi lubang berada di tengah ban,, sehingga pada saat ban diisi angin, lubang tersebut tertekan. Jadi angin Cuma merembes sedikit keluar.

Waaahhh… bener-bener ga nyangka, lubang segede itu bisa tahan berhari-hari. Tapi tunggu dulu bro,, masih belum selesai. Setelah ban dalam selesai di tambal, giliran lek Yanto mencari sumber kebocoran. Ban di putar kearah atas bawah sambil meraba bagian dalam ban. Wow,,, ternyata ada potongan paku berdiameter sekitar 1 mm yang menancap di ban. Potongan paku itu pendek. Pantesan saat saya cari dengan menggunaka senter,, potongan paku tersebut tidak keliatan. Ban diputar-putar lagi,, siapa tau masih ada yang lainnya. Setelah aman,, ban dalem dipasang seperti semula dan diisi angin lagi.

Demikian mas bro,,, apakah bro bro sekalian pernah mengalaminya???

Semoga bermanfaat…

Salam bloger ngapaks…

Kritik saran [email protected]

Comments»

1. sinbe - 26/06/2012

Pernah bikin mumet tukang tambal ban nyari sumber kebocoran yg udah bolak blik dtambal tetep aja bocor, mpe 2jam ternyata ada staples nyangkut di ban luar tp sisi dalem.

2. Nofgi - 26/06/2012

Gede amat ? 1mm

http://nofgipiston.wordpress.com/2012/06/25/raiser-stang-bikin-riding-jadi-nyaman/

3. Nichoz Ahmad - 26/06/2012

@sinbe,,, bayar doble g tu bro,,, hehe
@nofgi,,, emg iya bro,,, mkanya sya heran,,,

4. Aa Ikhwan - 26/06/2012

Ban ajib itu 😀

http://aaikhwan.wordpress.com/2012/03/09/ketangkep-6/

5. Nichoz Ahmad - 26/06/2012

@aa,,, itu ban standar bawaan pabrik mas…

6. Gianluigi mario - 26/06/2012

1 cm atau satu mili ya mas ukuran pakunya? 😀

7. Nichoz Ahmad - 26/06/2012

1 mm mas,,, “Sekitar” wkwkwk

8. ipanase - 26/06/2012

mantaap

9. Nichoz Ahmad - 27/06/2012

@ipAn,, joz

10. ridermatrix - 27/06/2012

wah sy pernah juga nih.. 🙂

11. Nichoz Ahmad - 28/06/2012

@rider matrix,,, ada temennya nih,,, hehe

12. quy.. - 03/11/2012

nylneeeeh…