jump to navigation

Baut (Bagian Luar) Output Oli Slek, Bagaimana Solusinya ? 14 November 2012

Posted by Nichoz Ahmad in Honda, Otomotif, Yamaha.
trackback

Sudah 2000 km sejak penggantian oli terakhir. Sekarang waktunya ganti oli. Nyari oli nya sendiri ke bengkel resmi yang lumayan jauh. Karena di beres kecil agak susah nyari oli ini. Mungkin karena bukan motor sejuta umat jadi agak susah nyarinya.

Semua peralatan sudah siap. Motor di standar tengah. Mulailah saya buka bagian input dan output oli. Ketika saya membuka bagian output oli, alangkah terkejutnya, ternyata baut oli gak bisa di buka bro. Kunci ring berputar akan tetapi baut tidak berputar. Coba saya periksa kunci ring nya, siapa tahu sudah ompong. Hmm, ternyata masih bagus. Selanjutnya saya periksa kondisi baut. Alamaaaak,,,  sudut-sudut nya ternyata sudah tumpul bro. Terdapat juga coakan agak dalam.

Memang, pada awalnya ada coakan agak dalam di bagian baut. Coakan itu ada setelah ganti oli di bengkel. Mungkin montirnya kurang hati-hati. Selanjutnya daerah yang tumpul bertambah oleh saya sendiri. Ketika itu, saya buka baut menggunakan kunci pas :-D . Kebetulan lagi gak ada kunci ring bro. Hee,, alhasil daerah yang tumpul pun bertambah. Walaupun sudah ada yang tumpul, tetapi masih bisa di buka menggunakan kunci ring.  2x ganti oli setelah itu tidak ada masalah apa-apa. Sampai akhirnya baut slek pada ganti oli kali ini.

Gak ada yang bisa saya perbuat. Akhirnya motor saya bawa ke bengkel yang kebetulan pemiliknya masih saudara. Motor di standar tengah. Mulailah operasi darurat dilakukan. Operasi ini (lebay :-D) harus dilakukan oleh 2 orang. Satu orang memegang kunci ring. Satunya lagi menggetok baut.

Saya sendiri bertugas memegang kunci ring. Kunci ring dimasukkan kedalam baut. Menggunakan tongkat besi kecil, tongkat itu kemudian di ketokkan ke baut dan pinggiran kunci ring dengan pelan. Sambil di ketok, saya bertugas menarik gagang kunci ring tersebut dengan pelan juga. Jangan terlalu keras. Bisa-bisa merusak sudut baut yang masih bagus. Dan seer,,, (hampir kejengkan bro) Baut akhirnya bisa di buka. Sempat deg-degan juga, takut gak bisa di buka. Bisa berabeh. (Maaf masbro, gak ada gambarnya, lupa di foto )

Selanjutnya, motor saya bawa lagi ke rumah lagi. Saya coba mengeluarkan oli di rumah. Sambil menunggu oli keluar semua, saya pergi ke bengel resmi untuk mencari pengganti baut yang telah slek tadi. Dapet masbro,, harganya Rp 3000. Cukup murah lah,,, Dari pada bikin sendiri :-D .

OKOK,, langsung tak pasang lagi bro. Beres. . . .

Berikut gambar oli setelah 2000 km.

Wuih,, dah item bro. Kemaren saya coba ganti oli setiap 1500 km. Akan tetapi oli masih kelihatan bening. Makanya kali ini saya coba 2000 km. Dan hasilnya seperti gambar di atas. Sepertinya 2000 an km cukup ideal untuk penggantian oli.

Gimana masbro,, apakah pernah mengalami kejadian menegangkan seperti ini ??? Silakan di share. Semoga bermanfaat.

 

About these ads

Comments»

1. z1rider - 14 November 2012

Belum pernah brooo. Berarti solusinya tinggal ganti baut tap oli (yang di bawah blok mesin) ya ? Kalo gitu tiap 10 kali ganti oli, tak ganti baut ah, hehehe.

By the way, pakai oli apa nih mas ? (kok jarang) :roll:

2. denirosdiana - 14 November 2012

Walaaaaah….coba ke sy ngontak, sy punya kunci khusus buat buka baut yg udah gundul…..serius lho sy punya.

Nichoz Ahmad - 14 November 2012

Bukan yang bawah bro,, tpi yang samping,, boleh juga tuh tiap 10x , Menghindari resiko seperti ini,, tapi ane sih mending kalau udah keliatan mulai rusak aja gntinya :-D ,,,

Oli standar ,, Yamalube Power matic ,,, Susah bgt di sini bro,, harus di beres besar,, kalau yamalube matic biasa sih banyak . . .

Nichoz Ahmad - 14 November 2012

walaah,, ane gak tau bro :-D

ini jga iseng nanya ke bengkel saudara,,, kirain gak bisa ternyata biisa . . .

btw,, nama alatnya apa tuh . . .

denirosdiana - 14 November 2012

Alatnya kaya kunci ring tp di didalamnya ada lempengan bergerigi. Antar kunci berbentuk ring dan lempengan membentuk sudut yg bisa diatur diamaternya, sehingga bisa digunakan untuk banyak ukuran baut. Makin diputer kuncinya makin mencengkram bautnya, jadi meskipun bautnya gundul tetap baut itu bisa diputar dan tentu saja tanpa harus digetok…..mantaaap kan ..

3. sinbe - 14 November 2012

Sip sip! Nais inpoh bro. :wink:

4. thole - 14 November 2012

buka baut oli musti hati2, bersihkan dulu dari kotoran (biasanya gemuk)

buka pake Kunci T14, dengan tangkai nya di beri perpanjangan pipa besi, buka nya juga musti di sentak..

jangan pake kunci pas, apalagi kunci ring, ngrusak mata baut

5. velanrynstef - 14 November 2012

tertarik nih buat jaga” :)
di ace hardware ada nggak om?

velanrynstef - 14 November 2012

nyasar kemari :hammer
maksudnya ke om deni

6. noa - 14 November 2012

coba bikin ring dari kardus, buat baut oli tsb… soalnya saya pake spt itu sdh ga masalah… tiap 2500km ganti oli sendiri… jgn pake kunci pas… pake kunci sok aja yg betuk gagangnya T… harga cuman 5rb..

7. ipanase - 14 November 2012

sip lek, syerem juga :(

8. jake e lee - 15 November 2012

perna ngalamin karna kebiasaan ganti oli sendiri,kejadian di jup z ane bro..cucup bikin kesel juag sih mesti ketok2 tu baut,ampe ganti bautnya 3x,selalu pas ganti oli,sekarang ga lagi soalnya ane kl kencengin ato buka bautnya selalu pake kunci ring tekiro lbh presisi jgn pake kunci pas bisa slek tu baut/baut gundul jadinya,triknya saat ngencengin tuh baut ga sampe kenceng2 bgt dan bersihin tu baut dari pasir2 yg lengket di baut,agar ga susah dibukanya,kira2 aja ngencenginya

9. Maskur - 15 November 2012

digedein

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

sip sip

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

waktu itu adanya kunci ring bro,,, ane juga khilaf :-D

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

:-D di pindah bro

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

apane lik ?

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

motor masih panas juga bikin slek bro….

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

mayan pan :-D

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

mosoook 5000 ???

10. Nichoz Ahmad - 15 November 2012

wow,, mantaaap tuh,,, jdi pengin punya,, btw namanya & harganya berapa tuh ?

11. EISCELL - 15 November 2012

ipan2 ..LEBAY… ada tips buat ulir pembuangan oli yg slek gak? dirumah ada HSX125 yg rembes nich oli ne….

EISCELL - 15 November 2012

weh tak kira diwarunge ipan… podo lebay ne…xixixi koment lwt hp jadul

12. frontdiskbrake - 15 November 2012

Selain pengencangan yg over, kunci ring/sok berkualitas jelek, sudah aus juga bisa jadi penyebab kepala baut rusak.
Solusinya tiap tap oli gunakan kunci yg masih bagus, dan pemasangannya jangan over.
Pengalaman dr dulu belum pernah alami kepala baut rusak.
Dan sebaiknya tap oli jangan dalam keadaan mesin panas. Krn bisa menyebabkan ulir rusak.
Jika ulir rusak solusi murahnya bisa ganti baut tap oli dg ukuran lebih besar dikit. Solusi mahalnya ganti bak olinya.

Yoshi - 15 November 2012

mak erot?

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

wkwkwk

Nichoz Ahmad - 15 November 2012

sip . . . nice info gan . . .

13. nzahry - 15 November 2012

Mesti sedurunge wis deg-degan yo mas….

http://nzahry.wordpress.com/2012/11/15/mv-agusta-rivale-800/

14. vario125 - 16 November 2012

alhamdulillah, selama punya motor gak pernah sekalipun ganti baut pembuangan oli. supra 1997 (10 tahun), jupi burhan (hampir 5 tahun), vario 125 (bbrp bulan). ganti oli kondisi mesin selalu agak panas…. semoga gak sampe kejadian. amin…..

jake e lee - 16 November 2012

yupp..btl bro..kl bs jgn pas mesin panas bgt..anget2 adem gpp,bgsnya panasin mesin bntr baru buka bautnya jadi oli yg keluar keluar semua bareng ma kerak2/gram2 besi mesin

15. redbike92 - 16 November 2012

wah saya ganti baut tap oli tiap 6000km sekali
dan ganti oli 2000 km sekali hehehe (kalau repot kapanhari bisa tembus 2600km kak Nichoz
btw harga bautnya kok murah ya, saya kapnhari servis di Ahass beli baut kena 5000 hehehe

16. Anonymous - 29 November 2012

Ane pernah om kemarin 26 nov 2012 kalo ane dah halus bautnya dh bener-2 bundar, jdi ane terpaksa ke tukang las yg da di sebelah rumah buat nyambung baut yg slek dgn baut baru, dan akhirnya dengan cara itu bisa di buka baut yg dah slek hehehehe

17. RC110R Rider - 24 December 2012

Kok gak pernah update lagi bro???ayo bro nichoz ditunggu artikel2 menariknya lagi ….

Nichoz Ahmad - 24 December 2012

hehehe,,, maaf masbro,,, lgi ad kperluan yg lebih penting & udah kadung janji gak akan nulis artikel sebelum kelar ,,, tpi tiap hari masih mantau blog ko,,, Insya Allah tahun depan, kalau gak januari ya februari mulai nulis lagi, , , :-D

●○ qwerty ○● - 25 December 2012
18. tukang kebun - 25 December 2012

xeon :D boros?

19. Denny - 22 January 2013

Dulu saya sering seperti itu, yg slek biasanya ada 2:
1) baut oli, slek drat nya, ada juga slek kepala. Klo slek drat, pergi ke tukang bubut, ntar dganti dgn baut yg lebih besar. Klo slek kepala biasanya tukang bubut ato bengkel pny kunci yg bs membuka. Ongkosnya g mahal kok
2) baut tutup klep. Biasanya gundul kepala. Klo mau buka, beli kunci tutup klep/engkol tutup klep yg bagus. harga 15-25rb d jamin bagus.
Skrg klo mau tatap ato setel klep, mesti saya hari minggu pagi dan g pnh slek lagi. Slek karena baut masih panas.

20. Kepala Baut Slek, Pakai Kunci Ini Bro « Nichoz Blog - 25 January 2013

[...] ingat dengan artikel saya yang satu ini ? ( klik ) . Disitu menceritakan kalau kepala baut output oli slek (dol). Dibuka dengan kunci ring tetep [...]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 183 other followers

%d bloggers like this: