jump to navigation

Service Kipas Angin Mudah Ko . . . 6 August 2012

Posted by Nichoz Ahmad in Elektronika.
trackback

Gambar

Artikel selingan. Kebetulan saya SMK nya jurusan elektronika. Ya,, gak ada salahnya berbagi ilmu.

Beberapa hari yang lalu,, tetangga bawa kipas angin rusak. Padahal saya gak buka bengkel bro,, hehe. Tapi kadang ada saja tetangga yang bawa peralatan elektronika yang rusak. Mulai dari kipas angin, magic com, tape deck, toa, amplifier dll. Mau di tolak gak enak. Yoes lah iseng-iseng buat ngisi waktu luang. Toh tetangga juga gak mematok waktunya. Se sempetnya. Sempet ya di kerjain. Gak sempet ya besok-besok.

Keluhannya kipas angin gak muter dan bau gosong. Katanya sih pernah ketetesan air. Ok bro,,,Begitu ada waktu langsung saya bongkar . Namun sebelum di bongkar saya cek dulu sikringnya. Siapa tau Cuma sikringnya yang putus. Karena sikring terletak di deket kumparan maka gak perlu di bongkar dulu bro. Cukup di tes pada jack  kipas angin. Caranya,,, posisikan Avo meter pada posisi Ohm x1K atau x 10K. Hubungkan port avo meter pada ujung jack kipas angin. Kalau jarum bergerak ke kanan berarti sikiring masih Ok. Kalau gak bergerak berarti ada dua kemungkinan. Bisa sikring nya yang putus, bisa juga kumparannya yang putus. Ternyata jarum bergerak ke kanan bro,,, Kesimpulan sementara sikring dan kumparan masih Ok.

Gambar

Setelah memastikan sikring dan kumparan benar-benar Ok (dalam artian masih nyambung, mudah-mudahan kumparan gak gosong), barulah kipas angin saya bongkar. Yang di bongkar bagian kepalanya saja bro. Kali ini mata saya langsung tertuju pada kapasitor. Kapasitor saya lepas dari soketnya. Begitu di lepaaaas,,,Walaaaahh,,, Jontor bro. Bentuknya dah gak karuan. Banyak benjolan di sana sini. Yang paling parah adalah bagian bawahnya. Lihat gambar berikut bro…

Gambar

Hmm,, kyanya ini nih masalahnya. Langsung saja saya copot. Gak perlu di ukur bro. Dari fisiknya aja, ni jelas komponen dah abnormal. Besoknya saya beli komponen yang sama di toko bangunan elektronika . Harganya murah ko,,, Cuma 3.500. Dan,,, ketika kapasitor yang baru sudah di pasang,,,, seeeeerrrr,,, kipasnya muter lagi bro. Untuk memastikan kipas angi benar-benar jadi, saya uji coba nyampe 2 jam. Gak ada masalah. Yoes saya serah terimakan ke empunya.

Gambar

Intinya,,, Service kipas angin itu yang di cek Cuma kapasitor ama sikringnya. Dua komponen itulah yang sering sekali rusak. Sedangkan kumparan jarang sekali sampai kebakar. Yang ada,, sebelum kumparan kebakar sekring dah putus duluan.

Gmana masbro,,, mudah kan???

Semoga bermanfaat,,, Maaf foto burem,,, terlalu deket,,, hihi

Salam bloger ngapaks…

About these ads

Comments»

1. kharis27 - 7 August 2012

mantap,.,.,biang keroknya si kapasitor ama sikringnya to .,,. bisa di coba tar kalo kipas angin ane rusak ,.,., :mrgreen:

http://kharis27.wordpress.com/2012/08/05/pengalaman-pertama-belajar-motor-kopling-bagaimana-sih/

Nichoz Ahmad - 7 August 2012
2. djenk - 7 August 2012

kalo kipas nya seret ?? atau muter nya pelan?

3. yudha depp - 7 August 2012

Uasiiknya kalau ngerti
kalau enggak
biasanyanya tu kipas diloakan
lalu beli baru

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/ckckckkhonda-beat-plastik-ember.html?m=1

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

wah iya bro,, ketinggalan,,, kalau seret biasanya ane ga mau service bro,,, susah itu,,, pernah ane oli ttep gak jadi,,, itu 1 blok kyanya harus di ganti,,, nyarinya susah,,,

Mungkin masbro yang lain ada yang bsa??

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

wkwkw,,, syang bro,,, masih bsa di benerin…

4. Aa Ikhwan - 7 August 2012

ajib nice info,.. :D

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

sip a,,,

5. Roy (Ducati Wannabe - Trellis Edition) - 7 August 2012

telat

udah kejual tuh kipas angin…

wkwkwkwkkwk

raya - 7 August 2012

itu berarti servis kipas angin ternyata susah..

6. axo92 - 7 August 2012

o gitu.. :roll:

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

jarang bgt yang kasus kya gni bro,,, kecuali tu kipas angin dah tuwek bgt,,, rta2 yang 2 tadi,,, klo g sikring ya kapasitor,,,

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

tukang loak ya bro,,, xixixi

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

yoi bro

7. Prabu Melaz - 7 August 2012

kasus yg sering saya hadapi adalah seret,terus ga bisa lgsg muter. Perlu wkt bbrp menit. Makanya,biasanya tutupnya saya lepas. Jd waktu nyalain,ku bantu muter baling2nya pake tangan. Ini mslh nya apa ya?

Kapten Sparrow - 7 August 2012

Ganti bos dua2nya…masbro.
Biasanya karena bosnya dah kocak makanya putarannya jadi pelan…tp dgn catatan warna kumparan coklat agak gelap..klo dah coklat muda/orange berarti kumparan sdh agak lemah.
NB:..pekerjaan ane adalah tehnisi.

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

lah ini dia ahlinya,,, thanks bro…

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

jujur bro,,, ane kalau dapet yang kya gtu gak mau,,, coz kpas angin ane sendiri pernah kya gtu di kasih oli sama saja,,, mungkin komen bro kapten sparrow di atas bsa menjelaskan,,,

Kapten Sparrow – 7 Agustus 2012 [Edit]

Ganti bos dua2nya…masbro.
Biasanya karena bosnya dah kocak makanya putarannya jadi pelan…tp dgn catatan warna kumparan coklat agak gelap..klo dah coklat muda/orange berarti kumparan sdh agak lemah.
NB:..pekerjaan ane adalah tehnisi.

8. ipanase - 7 August 2012

josssssssssssss
maklum, ra iso

Nichoz Ahmad - 7 August 2012

ahline ki,,,

9. es teler - 8 August 2012

tukang listrik yang nulis otomotif nih kayaknya hehehe…saling mendukung ya bro ?

10. es teler - 8 August 2012

iya nih hal sepele yang sering dilupakan..
di tempat ane kerja kipasnya agak lambat biasanya di putaran 1 (alias paling lambat) begitu di putaran 2 bisa mas bro ..
kalau kayak begitu samakah dengan kasus yang seret ??

Nichoz Ahmad - 8 August 2012

xixixi,,, buat seingan bro,,,

Nichoz Ahmad - 8 August 2012

seperti penjelasan bro kapten sparrow di atas,, kyanya tu kipas angin dah lemah kumparanya yang terhubung ke no 1,,, karena kumparan di kipas angin tu tiap no berbeda,,,
mungkin bro kapten sparow kalau mampir lagi bisa menjelaskan,,, coz ane jurusanya elektronika, bukan elektro,,,

11. mantribiker - 9 August 2012

tv lg 21″, layar bawah ngeblank ad 2cm. Layar jg kliatan agak cekung/bulet. Apa’y yg kena bro??
nya d luar postingan.

Nichoz Ahmad - 9 August 2012

jujur ni bro,,, klo tv jarang praktek,,, msih agak inget2 dkit waktu skolah 5 thun lalu,,, xixixi (benerin kipas aja cma iseng-iseng,,, hehe)

cba cek bagian vertikalnya,,, terutama resistor ama kapasitor,,, kemngkinan ada resistor yang resistansinya berubah, atau kapasitor yang mulai lemah…

Kapten Sparrow - 9 August 2012

Sdh betul yg dibilang Bro Nichoz….Utk kecepatan 1.2.3..tiap kecepatan kumparannya berbeda2.Yg paling sering bermasalah adalah dibagian Bos…coba putar baling2 putar pakai tangan sj…apakah lancar atau seret..???.Klo seret coba buka/bongkar dinamonya dan bersihkan karatnya ..atau langsung semprot Bosnya dgn WD 40/penghancur karat.
Dan apabila lancar…coba dirasa2/digoyang2 apakah sedikit kocak..???.Klo kocak segera ganti dgn Bos baru..klo tdk kumparan akan rusak/hangus.
Dan apabila sdh terlambat alias kumparan dah hangus…ganti sj kumparannya dgn yg baru…murah kok cuman 35rb.

Kapten Sparrow - 9 August 2012

Ane cuma menambahkan Bro Nichos…
Cocok bgn Vertikal out yg bermasalah….Elco2 dibgn Vertikal ganti semua sj..kan nggak byk jumlahnya…klo ditotal nggak sampai Rp.10rb.Klo msh nggak ada perubahan..coba cek bgn PinCouSen..rangkain yg mengatur width/kelengkungan gambar kiri kanan.

12. djenk - 9 August 2012

waa.. info nya bermanfaat nice inpoh gan.. hehe :)

Nichoz Ahmad - 10 August 2012

wow,,, thnks bro,, nambah ilmu nih,,,

Nichoz Ahmad - 10 August 2012

pin cousen itu yang kaya apa ya bro,,,

Nichoz Ahmad - 10 August 2012

yoi bro,,, sma-sama

Kapten Sparrow - 10 August 2012

PinCousen biasa terdapat pada semua TV Tabung yg Flat atau cembung 21″ sampai 30″.
PinCousen terletak di dekat antara bgn Horisontal dan Vertikal….biasanya memakai IC uPC 4558 atau pakai beberapa transistor pengganti IC.
Apabila PinCousen rusak…gambar kiri kanan akan melengkung…..

Nichoz Ahmad - 10 August 2012

thanks bro infonya,,, jdi nambah ilmu nih,,,

Kapten Sparrow - 10 August 2012

Sama2 bro…

13. itemompong - 13 August 2012

1 lagi yg sering jadi penyebab kipas ga muter, BUSHING as terkikis. ga ada cara lain kecuali “dilem biru” (dilempar beli baru) krn bushingnya ga ada yg jual

14. axlex - 5 October 2012

kipas ane bushingnya sering sekali mamacet karena kering, hampir 2 hari sekali minta di minyaki, bisa nggak di modif jadi ballbearing??

15. sony - 8 October 2012

bro.. kipasku mati trus aku beli mesin kipas baru tak pasang… dah muter jadi keluar asap.. waduh knp ya.. menurutku ga kebalik kabelnya..

16. tri - 12 October 2012

bro,,kalo putaran baling melemah,perlu ganti apa?jadi maunya mutar kalau didorong dulu,itupun mutarnya pelan sekali.sudah q bersihkan/dan pelumas dikit.

17. Anonymous - 29 October 2012

bro ane punya dicolokin mesin nya bunyi di pencet 12 ato 3 kaga mau muter…ane matiin tapi colokan ga dicabut (kelupaan) balik lagi panas banget tuh mesin..kenapa yah…Padahal udah ganti kapasitor…(updet harga kapasitor 1.5 v Rp.5000)
Thanks mohon info selanjutnya dari kapten dan agan Nicho..kalo ga keberatan di share dong no Hp gan biar kita bisa nanya langsung…heheheheheeee

18. Kusnata - 16 November 2012

Bro sy dah coba bongkar kipas tuh tp yang nampak cuma kapasitor aja,sikring d mana ya?cari d kumparan ga jumpa.bentuknya gmana sih?tx

19. meme - 9 December 2012

kalau seret muternya dan masih bisa dibantu diputerkan, itu bisa disemprot ama 4wd biar licin heheheee
kl dikasih stempet cuma sebentar udah seret lagi
ini pengalaman pribadi

kapasitor fungnsiny APAP ?

20. meme - 9 December 2012

jika waktu masang kapasitor kebalik kabelnya efeknya apa ?
apa bila kapasitor diganti tidak sesuai aslinya efeknya apa ? misal lebih besar speknya

21. Muis - 18 December 2012

say,, juga samaaaa,,, punya kipas,,, muternya seret dan bisanya klo di puter pake tgan dulu,,,, padahal semuanya sudah di kasih pelumas (Wd 40),, apanya yg bermasalah yaaa,,,,????? mhon npejelasannya,,, tq yaaa

22. andy - 25 December 2012

tu cuma 1 aja masalah nya bro di lembiru : di lempar beli baru

23. marsi waluyo - 26 December 2012

gajian gajian :D

24. anda - 4 January 2013

maaf saya mau nanya analisa atau penyeba motor kipas seret kra2 apanya?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 22 January 2013

sekring itu sebelah mana ya bro? kemaren ane buka kipas angin ane yang mati neh, kalo listrik di kipas anginnya sih nyala (diliat dari lampu di kipas angin masih menyala)…

Nichoz Ahmad - 22 January 2013

di dalam pembungkus kumparan brow,,, buka aja, ntar ada, bentuknya kecil kaya resistor 1/2 watt,,, namanya thermo fuse,,, kalo terjadi panas berlebih ni sikring lngung mati…

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 23 January 2013

sekring beli nya dimana ya?
coba nanti saya cek…

Nichoz Ahmad - 23 January 2013

namanya thermo fuse ya bro,,, di toko elektronika yg jual komponen banyak . . . :-D

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 25 January 2013

sepertinya si thermo fuse ini yang mati, but saia gak punya solder…

tengkyu… besok ane bawa ke kantor aja buat ganti yang ini… minta di solderin ama temen…

wkwkwkwkwkwk…

Nichoz Ahmad - 25 January 2013

kalau di ukur pake avo meter (ohm) gak nyambung berarti mati tuh,,,

ok sama2 brow… :-D

25. Jhody - 26 January 2013

Mas bro Numpang tanya…kipas angin saya muternya pelan bgt…padahal udah nomor tiga… apalagi klo nomor 1 malah ngga jalan sma sekali… tolong mas bro…

26. Nichoz Ahmad - 27 January 2013

menurut analisa saya, tu kumparan udah lemah, udah mau mati, jdi di benerin udah susah, kecuali ganti kumparan . . .

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 29 January 2013

kemaren udah di benerin, tapi malem jam 12 an mati. pas pagi2 di nyalain bentar terus dimatiin gak lama meledak… dug… keluar asep dah…
:(

eniwei yang kemaren rusak ternyata otomatis nya, sekring nya juga putus.

27. Adi - 31 January 2013

terimah kasih info nya mas bro, ilmu yang bermanfaat

28. dasdeta - 19 February 2013

tolongin analisa kipas angin ane bro, awalnya ane nyalain g mau muter, ditunggu kira2 5mnt sampe bagian kumparan berasa hangat, diputer pke tangan lgsg mau muter n bisa kenceng……kira2 penyebabnya apa?

29. kaloonk - 25 February 2013

Info yg sangat berguna mas bro, mkasih infonya.

30. jabrick cdma - 5 March 2013

awalny dpter tangn tp kpas msh bs kenceng brrt as_ny belum senter,cb di oli/paslem dulu,nyalakan trus as ny diketok”

31. Anonymous - 12 March 2013

terima kasih ilmunya semoga bermanfaat

32. sigit - 12 March 2013

bro habis tak ganti sekring ko putaran kipas jadi kebalik ya … tidak ngipasin kedepan malahan keblakang … apanya ya mas brow,,,,

33. Anonymous - 2 April 2013

Bermanfaat sekalii ini,,terima kasih

irul - 10 April 2013

semprot aja pake WD langsung mak nyussssssss

34. Sofyan Fyan - 13 September 2013

Kebetulan kipas angin baru rusak uda seminggu yg lalu, kalo gitu ane mo terapkan caranya, trims atas pencerahannya ya masbro..??! ^_^

35. silamurti - 19 July 2014

Toko yang jual kapasitor dijakarta susah dicari bro..tahu kah? Email: ikiengel@gmail.com


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 180 other followers

%d bloggers like this: